Pemprov Sulut Apresiasi Peran PUSKUD Dalam Pembangunan Ekonomi

Rudi Mokoginta SE MTP pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-39 tahun buku 2016 Pusat Koperasi Unit Desa (PUSKUD)Rudi Mokoginta SE MTP pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-39 tahun buku 2016 Pusat Koperasi Unit Desa (PUSKUD)

Manado- Gubernur Olly Dondokambey SE dalam sambutan yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Rudi Mokoginta SE MTP pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-39 tahun buku 2016 Pusat Koperasi Unit Desa (PUSKUD) yang dilaksanakan di Manado, Rabu (22/11/2017) sore mengatakan, sektor koperasi memiliki peran yang sangat strategis dalam memperkokoh perekonomian Sulawesi Utara.

"Hal ini terlihat dari pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara yang terus menunjukan progress positif, dimana pada Triwulan ke-III tahun 2017 mengalami pertumbuhan sebesar 6,49%," katanya.

Oleh karena itu, menurut Gubernur Olly, berbagai peranan penting harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para pelaku usaha serta Pemerintah Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk mempertahankan, bahkan meningkatkan pencapaian tersebut."Keadaan ini sebagai motivasi guna mempercepat pembangunan daerah kedepannya," ujarnya.

Diketahui, berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian, mengamanatkan bahwa koperasi bertujuan untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan pancasila dan undang-undang dasar 1945.

Dimana, koperasi kemudian memegang peranan penting dalam perekonomian daerah dikarenakan ruang lingkupnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat terlebih kelas menengah ke bawah, sehingga menempatkan posisi koperasi menjadi sangat strategis dalam progress pembangunan daerah dan demi menaikan indeks kesejahteraan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Lebih jauh, masih dalam sambutan, Gubernur Olly mengingatkan seluruh pengurus dan anggota PUSKUD untuk berupaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat sesuai tujuan dari terlaksananya agenda rapat anggota tahunan."Berbagai program dan kegiatan kerja sepanjang tahun berjalan dan pertanggung jawabannya harus selalu dievaluasi. Termasuk ikut membahas berbagai perubahan-perubahan yang bisa atau akan terjadi dalam program kerja kedepan di tahun yang akan datang," imbuhnya. Pertemuan itu turut dihadiri Ketua PUSKUD Drs Frits Tairas dan seluruh anggota PUSKUD. (tim/sulutonline)