Dilaunching Walikota GSVL di Lapangan Tikala, Manado Miliki Kendaraan Penyapu Jalan

Walikota GSVL saat mencoba Kendaraan Penyapu JalanWalikota GSVL saat mencoba Kendaraan Penyapu Jalan

Manado-Untuk meningkatkan dan memaksimalkan kebersihan di Kota Manado, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) mengupayakan pengadaan kendaraan penyapu jalan atau Road Sweaper yang didatangkan dari Swiss. Launching penggunaan kendaraan senilai lebih dari Rp1 Miliar tersebut, dilakukan Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA di seputaran lapangan Sparta Tikala Manado, Sabtu (09/12/2017) siang.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di ibukota Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berharap dengan adanya kendaraan penyapu jalan akan memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan kebersihan di Kota Manado."Mudah-mudahan dengan kendaraan penyapu jalan ini, Kota Manado akan semakin terjaga kebersihannya. Dan secara terus menerus kota ini tetap kelihatan bersih. Jangan sampai nanti ada pimpinan, baru kelihatan bersihnya," sindir Walikota GSVL serius.
 Walikota GSVL saat melakukan gunting pita dan peresmian beroperasinya Kendaraan Penyapu Jalan
Menurutnya. kendaraan penyapu jalan yang diadakan Pemkot Manado lewat DLHK bisa dijaga dan dirawat dengan baik. Tentunya kedepan akan ada unit kedua, ketiga dan seterusnya, sehingga semua wilayah di kota ini terlayani dengan kendaraan penyapu jalan yang dimiliki pemerintah," tukas Walikota GSVL.

Tidak hanya kebersihan, Walikota GSVL mengingatkan DLHK agar memperhatikan pohon penghijauan yang ada. Jika ada pohon yang sudah tua dan berpotensi
membahayakan orang, sudah saatnya ditebang. Namun, jika ada pohon yang masih mudah dan tidak membahayakan tidak boleh ditebang seenaknya. Apalagi, jika terjadi kongkalingkong antara petugas dan pemilik usaha.
Walikota GSVL didampingi Ketua Dewan Nortje Van Bone dan , Kepala DLHK Kota Manado Yohanis Waworuntu
"Jangan berani menebang pohon yang masih bagus, apalagi sampai ada oknum aparat yang berkolusi dengan pemilik usaha disitu. Saya melihat ada di jalan Sam Ratulangi, beberapa pohon yang masih bagus ditebang. Jangan-jangan ada yang berkolusi dengan pengusaha disitu. Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan harus proaktif, bantu saya dan Pak Wakil Walikota untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan asri di kota Manado,”ingat Walikota GSVL.

Sementara itu, Kepala DLHK Kota Manado Yohanis Waworuntu dalam lampirannya mengatakan satu unit kendaraan yang dimiliki Kota Manado itu, secara bergantian akan melakukan pembersihan jalan di kawasan Taman Kesatuan Bangsa (TKB), kemudian jalan Sam Ratulangi dan jalan Piere Tendean boulevard. Usai sambutan, Walikota GSVL menaiki kendaraan penyapu jalan, dan mencoba menyapu jalan dengan kendaraan tersebut. Tak hitungan tiga, semua sampah di jalan berhasil dibersihkan. Adapun Launching tersebut diawali Doa oleh Pdt Abram Karundeng STh, dan dihadiri Ketua DPRD Kota Manado Noortje H vanBone, sejumlah kepala perangkat daerah serta beberapa Camat.(tim/sulutonline)