Sambut USS Mercy, Kehakiman USA -Pemprov Gelar Latihan

Sambut USS Mercy, Kehakiman USA -Pemprov Gelar LatihanSambut USS Mercy, Kehakiman USA -Pemprov Gelar Latihan

Manado-Sekretaris Provinsi Daerah (Sekdaprov) Sulut, Ir Siswa Rachmat Mokodongan, membuka pelatihan Standar Sistem Manajemen Keadaan Daruat, Kursus Master Instruktur di Hotel Aston Manado, Senin (30/04).

Hajatan yang dihelat Departemen Kehakiman Amerika Serikat (United States Depertement Of Justice/Interntional Criminal Investigation Training Assitance Program (ICITAP) bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI itu untuk kesiapan menyambut kedatangan kapal USS Mercy di daerah ini pada 30 Mei s/d 15 Juni 2012 mendatang, dalam rangka Pasific Partnership (P2-12) di-daerah Sulut.

Mokodongan atas nama Gubernur memberi pengharggaan dan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah Amerika Serikat atas kesediaan menghadirkan kapal USS Mercy untukmelakukan latihan penanggulangan bencana sekaligus bahkti sosial dibidang kesehatan kepada rakyat sulut.

“Karena itu pemerintah dan masyarakat Sulut sangat berterima kasih, karena melalui kegiatan ini, komponen-komponen kunci tanggap darurat didaerah ini dan berbagai juridiksi di Indonesia dapat bertemu untuk memperoleh pembelajaran bermakna sebagai langkah maju untuk meminimalisir terjadinya dampak bencana”, ujar Mokodongan.

Mokodongan menyebutkan, Provinsi Sulut, memiliki karakteristik wilayah pegunungan,dengan mengoleksi 41 gunung di 15 kabupaten /kota yang sebagaian besar adalah gunung berapi aktif, bahkan terdapat satu gunung berapi yang berada didasar laut.

Daerah ini juga merupakan jalur pertemuan tiga lempeng tektonik yaitu lempeng Indo-Australian, lempeng Eurasia dan lempeng Pasifik, disamping itu memiliki enam patahan aktif yaitu patahan Gorontalo, patahan Bolmong, patahan Amurang, patahan Manado, patahan Palu, patahan Koro dan patahan Sorong, dimana akibat pergerakan lempeng-lempeng ini, maka sering terjadi gempa bumi seperti pada tanggal 21 Januari 2007, lalu dengan kekuatan 6,5 skalareichter yang berpotensi tsunami.

Sementara Kepala BPBD Provinsi Sulut Ir. Hoyke Makarawung, mengatakan, peserta pelatihan berjumlah 35 orang, yaitu unsur Korem, Lantamal, Lanudsri, BPBD, Basarnas dan SKPD terkait. Kegiatan ini akan berlangsung selama lima hari. Sedangkan pemateri yakni John Montanio penasehat Departemen Kehakiman AS/ICITAP,Irjenpol (Purn) Nono Supriono, Master Instruktur SSMKD, Damianus Bilo M.Hum Istruktur SSMKD dan 2 orang dari ICITAP yakni Mara Katopo dan Anthoni Tampubolon.(Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.