Ombudsman Dukung Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Manado-Provinsi Sulawesi Utara sangat memenuhi syarat untuk menjadi terdepan dalam pelayanan publik. Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara adalah Provinsi pertama dan bahkan telah dua kali berturut-turut meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan.

Selain itu, Gubernur Sulawesi Utara terpilih oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk mewakili 32 Provinsi lainnya di Indonesia untuk menandatangani Piagam Penetapan Zona Integritas Menuju Kawasan Bebas Korupsi yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di Jakarta.

Nah, alasan-alasan inilah yang mendasari kunjungan Tim Ombudsman RI yang dipimpin langsung oleh ketuanya Danang Girindrawardana dan H. Khoirul Anwar, salah seorang anggota Ombudsman, yang selain melakukan sosialisasi Peran Ombudsman Dalam Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Juga untuk mendukung Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk menjadi Provinsi Terdepan dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Danang manambahkan bahwa untuk dapat menyelenggarakan pelayanan publik secara lebih berkualitas Lembaga Publik termasuk Pemerintah harus memiliki dan melaksanakan paling tidak 3 unsur penting yaitu pertama adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) penyelenggaraan pelayanan yang mencakup Prosedur (bagaimana proses harus berjalan), Biaya (berapa besar biaya kalau ada), dan Waktu (Kapan proses pelayanan tersebut harus selesai).

Unsur kedua adalah adanya akses untuk pengaduan masyarakat dan tersedianya Tim Pengelola Pengaduan Masyarakat. Semakin banyak pengaduan masyarakat tidak langsung berarti bahwa penyelenggaraan pelayanan publik instansi tersebut jelek. Justru dari banyaknya pengaduan maka sebanyak itu pula perbaikan yang dapat dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan publik.

Hal ketiga adalah adanya Tim Pelayanan Publik yang terpadu dan terintegrasi sehingga persoalan yang menjadi kekurangan dalam penyelenggaraan pelayanan publik dapat segera disolusikan dan dipangkas.

Gubernur Sulawesi Utara Dr Sinyo Harry Sarundajang yang pada kesempatan tersebut didampingi oleh Wakil Gubernur Dr. Djouhari Kansil, M.Pd dan Sekretaris Daerah Provinsi Ir. Siswa Rahmat Mokodongan dan Seluruh Pejabat Eselon II Lingkup Pemprov Sulut mangatakan bahwa Keberhasilan Sulut meraih Opini WTP dua kali berturut-turut antara lain karena terbentuknya Komitmen mulai dari pimpinan dan sub ordinansinya untuk selalu berupaya menyelenggarakan Good Governance (Pemerintahan yang Baik) untuk menuju Clean Government (Pemerintah yang Bersih).

Ketika menandatangani Piagam Zona Integritas mewakili seluruh provinsi di Indonesia, ada kebanggaan bagi seluruh rakyat Sulut tetapi juga hal ini diakui Gubernur sebagai Beban dan Tantangan yang cukup berat. Namun demikian Gubernur yakin dengan Komitmen dan Konsistensi terhadap Komitmen tersebut yang selama ini telah dijalankan oleh Pemprov Sulut, Provinsi Sulawesi Utara akan mampu dan terus berupaya untuk menjadi terdepan dalam pelayanan publik.

Gubernur akan terus mendorong dan bahkan mengawasi agar semua instansi pemerintahan di Sulawesi Utara dapat mempersiapkan hal-hal yang dimintakan oleh Ombudsman agar pada saat Peringatan Hari Pelayanan Publik Internasional 23 Juni Sulut dapat ditetapkan menjadi Provinsi Terbaik dalam penyelenggaraan pelayanan publik. (Tim/sulutonline).

I enjoy what you guys tend to

I enjoy what you guys tend to be up too. This kind of clever work and
coverage! Keep up the very good works guys I've you guys to my own blogroll.

Feel free to visit my homepage :: extract helps ([url=http://geomemes.com/comment/31272]Eduardo[/url])

It's actually a cool and

It's actually a cool and helpful piece of info.
I'm satisfied that you simply shared this helpful info with
us. Please keep us up to date like this. Thank you for sharing.

my webpage - cambogia pure extract

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.