Dishub Pantau Pelanggaran Lalin dari CCTV Command Center

Aktivitas Kota Manado terpantau lewat C3Aktivitas Kota Manado terpantau lewat C3

Manado-Dinas Perhubungan (Dishub) bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Manado, melalui Cerdas Command Center (C3) memantau langsung pelanggaran lalu lintas jalan Kota Manado. Sistem pengawasa lalin itu sendiri disebut, Area Traffic Control Sistem (ATCS).

Hal itu menunjukan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Manado tidak main-main, dalam menerapkan Peraturan Walikota (Perwako) Nomor 04 Tahun 2018 tentang penataan dan penindakan parkir di Kota Manado.
Aktivitas di ruangan C3
Kepala Dishub Manado M Sofyan AP MSi mengatakan, untuk melakukan pengawasan lalu lintas pihaknya menggandeng Diskominfo Manado melakukan pemantauan lewat CCTV di ruangan C3.“Untuk melakukan pengawasan lalulintas di kota Manado. Kami pantau lewat CCTV di Cerdas Command Centre (C3) yang di kelola Diskominfo. Dari tempat itu, kita bisa melihat dan bisa mengingatkan langsung pengendara yang melakukan pelanggaran,” jelas Sofyan, Selasa (16/01/2018) pagi.

Lanjutnya, selain memantau melalui ruang C3, kerjasama juga di lakukan untuk mensosialisasikan Perwako nomor 04 tahun 2018, melalui mobil keliling milik Diskominfo Manado.
Lalulintas jalan di Kota Manado dipantau lewat CCTV dari ruang C3 Kantor Walikota Manado
Dijelaskan Sofyan, untuk pengendara yang melakukan pelanggaran dan tertangkap CCTV, Nomor Polisinya (Plat Nomor) dicatat fotonya juga ada.“Plat nomor Kendaraan yang melakukan pelanggaran kami catat dan tindak tegas. Pemasngan stiker, penggembosan dan penggembokan ban kami lakukan hingga penderekan. Kalau kendaraan sudah diderek dikenakan denda sesuai aturan yang berlaku, “tandas Sofyan.

Ditambahkan, meski dipantau melalui CCTV di ruangan C3, petugas Dishub juga terus berada di jalan untuk melakukan penindakan bagi kendaraan yang langgar aturan.(tim/sulutonline)