Hebat ! Sulut Tuan Rumah Paskah Asia dan Pertemuan Pemuda Kristen se Asia

dr Devi Kartika Kandouw Tanosdr Devi Kartika Kandouw Tanos

Manado-Bumi Nyiur Melambai Sulawesi Utara terus memantapkan diri sebagai taman sari Indonesia, sebagai daerah paling baik toleransi antar umat beragama. Tak heran jika bulan April 2018 mendatang, dipercayakan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Agama untuk menyelenggarakan iven internasional yakni Paskah Asia (Asia Easter Celebration) dan Pertemuan Pemuda Kristen se Asia (Asian Ecumenical Youth Assembly).

Kepercayaan pemerintah pusat tersebut terungkap setelah Kepala Biro dr Kartika Devi Tanos mewakili Pemprov Sulut melakukan konsultasi dan koordinasi ke Dirjen Bimas Kristen Kemenag."Jadi, baru-baru ini saya melakukan konsultasi dan koordinasi ke Kementerian Agama, Bimas Kristen Prof Thomas Penturi, untuk membantu penyelenggaraan Paskah. Setelah follow up ke Kemenag ternyata mereka siap membantu,”ungkap dr Devi pada wartawan, Jumat (19/01/2018) sore, seraya menyebutkan, dirinya juga telah melakukan pertemuan dengan PGI terkait hal tersebut.

Rencananya, setelah berkoordinasi dengan Sekjen Conference of Asia (CCA), maka direncanakan Pertemuan Pemuda Kristen se Asia akan digelar awal bulan April selama satu minggu."Namun tanggal pasti kegiatannya belum bisa ditentukan, karena kami juga menginginkan kehadiran bapak presiden, juga bapak menteri agama dan menteri pemuda dan olahraga juga diikutsertakan, karena ini kan acara pemuda-pemuda, konfefensi pemuda Kristen se Asia ,"terangnya.

Acara ini ungkap dr Devi, baru pertama kali digelar di kota Manado. Rencananya akan di hadiri sekitar lima ratusan orang dari seluruh Asia. Anggota CCA ada sekitar 17 negara, 100 Denominasi Gereja dari 17 negara. Indonesianya sendiri yang masuk Denominasi Gereja yang masuk anggota CCA hanya 30 Gereja."Kami akan kehadiran banyak tamu dari luar negeri dan luar daerah. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama satu minggu Itu sudah masuk pada kegiatan Paskah Asia," ungkapnya.

Untuk itu, istri tercinta Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw berharap kepada warga Sulut, terlebih masyarakat di sekitar lokasi pelaksanaan agar dapat menjaga situasi tetap aman dan kondusif agar pada persiapanya nanti berjalan dengan mulus tanpa hambatan.(tim/sulutonline).