Temui Gubernur Olly, Delegasi China Bahas Proyek Infrastruktur di Sulut

Gubernur Olly bersama Minister counselor, Deputy Chief of the Embassy Mr.Sun WeideGubernur Olly bersama Minister counselor, Deputy Chief of the Embassy Mr.Sun Weide

Manado-Delegasi Pemerintah China yang dipimpin oleh Wakil Duta Besar (Minister counselor, Deputy Chief of the Embassy) Mr.Sun Weide bertemu dengan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE di Kolongan Minahasa Utara, Minggu, (28/01/2018) malam. Dalam pertemuan, delegasi China menyampaikan beberapa topik, di antaranya proyek pengembangan industri pariwista Likupang Tourism District.

Sun Weide di awal pernyataannya menyebutkan kedatangan Presiden Joko Widodo pada Mei 2017 lalu ke China, menjadi pintu masuk kerjasama sejumlah proyek yang bakal dikerjakan China di tiga provinsi di Indonesia yakni Sulawesi Utara, Kalimantan Utara dan Sumatera Utara."Presiden Joko Widodo ke China pada bulan Mei 2017. Khusus di Sulawesi Utara. Ada tiga proyek utama yaitu Pembangunan Lembeh Airport dan Lembeh Bridge, KEK Bitung dan industri pariwista Likupang Tourism District," katanya.

Lanjut Sun Weide, kedatangannya ke Sulut juga sekaligus mengunjungi lokasi proyek-proyek itu. Dirinya juga menyebutkan rencana Dubes China yang baru Xiao Qian untuk mengunjungi Sulut. Selain itu, Wadubes Weide juga mengundang Gubernur Olly beserta jajaran Pemprov Sulut untuk mengikuti pameran di China pada November 2018 mendatang.

Menanggapi pernyataan Wadubes China, Gubernur Olly menjelaskan perkembangan positif termasuk pembangunan infrastruktur pendukung demi lancarnya pembangunan mega proyek tersebut di Sulut."Saat ini KEK sudah masuk tahap MOU (nota kesepahaman). Adapun untuk kawasan pariwisata Likupang jalan sudah mulus," ungkap Olly.

Orang nomor satu di Sulut itu juga menerangkan perkembangan positif terkait aktivitas ekspor-impor di Pelabuhan kini sudah terbuka untuk semua jenis produk tanpa dibatasi seperti sebelumnya. Disamping itu, Gubernur Olly juga menjelaskan kerjasama pendidikan Sulut dengan China telah ditindaklanjuti dengan mengutus pelajar dari Sulut untuk belajar ke China.

Selain bidang pendidikan, di bidang properti, Gubernur Olly juga optimis kehadiran PT Conch dapat mendukung industri properti di Sulut termasuk mempekerjakan tenaga kerja lokal di pabrik semen itu. Menariknya, setelah pertemuan Gubernur Olly dan Wadubes Mr. Sun Weide saling bertukar cindera mata.

Adapun pertemuan itu turut dihadiri Sekdaprov Edwin Silangen, SE, MS, Kepala Biro Umum Clay June Dondokambey, S.STP, MAP, Deputy Head of Political Section of the Embassy Mr. Zang Liang, Second Secretary of the Embassy Mr. Gao Tianyu, Third Secretary of the Embassy Mr. Pan Ronghai, CSCEC Road and Bridge Group project director Mr. Song Jingfei, China Road and Bridge Corporation Indonesia office general manager. Mr. Wei Wen, PT. North Sulawesi Conch Cement general manager Mr. Zheng Guohua, PT. North Sulawesi Conch Cement Mr. Sujono Hadikusumo.(tim/sulutonline).