USNS Mercy Dipastikan Berada di Perairan Manado pada 31 Mei

Tim Advance US Navy saat diterima gubernur Dr Sinyo Harry SarundajangTim Advance US Navy saat diterima gubernur Dr Sinyo Harry Sarundajang

Manado-Kapal Rumah Sakit terbesar di dunia milik Angkatan Laut Amerika Serikat USNS Mercy diapstikan berada di perairan Teluk Manado pada tanggal 31 Mei 2012. Sebelum masyarakat Manado beraktifitas di pagi hari, pada subuh 31 Mei USNS Mercy dipastikan telah memasuki Perairan Teluk Manado dengan membawa Tim Besar yang akan terlibat dalam Pacific Partnership 2012.

Hal ini dipastikan oleh Tim Advance US Navy yang Jumat (04/05), diterima Gubernur Dr Sinyo Harry Sarundajang di rumah dinas Bumi Beringin Manado. Tim ini yang beranggotakan 7 orang Perwira US Navy tersebut dipimpin oleh perwira US Navy pada Kedubes Amerika Serikat di Jakarta Christhoper Giacamaro dan diantar oleh Kolonel Laut Herry Priatnya dari Pusat Kesehatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan didampingi oleh Komandan Pangkalan Udara Sam Ratulangi Manado Letkol Pnb. Jorry Koloay bersama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulawesi Utara Ir. Hoyke Makarawung, M.Si.

Tim ini akan berada di Manado selama beberapa hari dan akan melakukan pertemuan-pertemuan Final Planning dengan Tim TNI dan Pemprov Sulut dalam rangka perencanaan detil kegiatan Pacific Partnership yang akan digelar mulai tanggal 31 Mei sampai dengan 15 Juli 2012 di Perairan Sulawesi Utara. Opening Ceremony Pacific Partnership 2012 direncanakan akan berlangsung tanggal 1 Juni 2012 di Pantai Kompleks Megamas Manado dan akan ditandai dengan Parade semua pendukung kegiatan termasuk atraksi Marching Band yang akan melibatkan grup marching Band Lokal maupun dari Kapal USNS Mercy.

Selain melakukan bakti sosial dengan membangun beberapa sarana kesehatan di pulau-pulau perbatasan, pengobatan dan bahkan operasi on board, Pacific Partnership 2012 ini juga akan diisi dengan kegiatan-kegiatan lokakarya yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan penanganan tanggap darurat bencana.

Direncanakan juga masyarakat umum akan diberikan kesempatan untuk dapat melihat langsung dan naik ke atas kapal USNS Mercy. Untuk kegiatan ini tentunya tidak akan mungkin dapat menjangkau semua masyarakat karena USNS Mercy tidak dapat merapat terlalu dekat ke Pantai Teluk Manado.

Namun demikian kehadiran Kapal Rumah Sakit Terbesar di dunia ini tentunya akan menjadi tontonan yang sangat spektakuler bagi masyarakat Sulut selain banyak manfaat lain yang akan dinikmati dari kegiatan-kegiatan Pacific Partnership nanti. (Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.