Inovasi C3 dari GSVL-Mor Dikagumi Sejumlah Profesor dari Delegasi CCU

Kepala rombongan CCU saat menyalami Wawali MorKepala rombongan CCU saat menyalami Wawali Mor

Manado-Gagasan brilliant Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE (GSVL-Mor) menghadirkan CCTV melalui Cerdas Command Center (C3) terus dipuji sejumlah daerah. Bahkan, ruangan C3 ini sering dikujungi para pejabat daerah lainnya maupun pejabat dari pemerintah pusat.

Kali ini, ruangan C3 yang bisa memonitor sejumlah kegiatan dan aktivitas warga Kota Manado tersebut, di kunjungi Delegate of Croatian Council of Universities (CCU) Professor Vladimir Bomanec, Professor Andelka Plencovic Moraj, Selasa(13/03/2017).
Wawali Mor didampingi Kadis Kominfo Erwin Kontu saat menjelaskan cara operasional C3 pada rombongan CCU
Kedatangan rombongan akademisi luar negeri ini, diterima Wawali Mor mewakili Walikota GSVL didampingi Kadis Kominfo Kota Manado Erwin Kontu SH.

Dalam kesempatan tersebut, secara panjang lebar Wawali Mor menjawab dan menjelaskan berbagai pertanyaan terkait C3.

Untuk mendukung visi-misi Walikota dan Wakil Walikota, yaitu Manado Cerdas, pemerintah kota Manado melalui Dinas Kominfo melaksanakan 9 smart solution cerdas command center. Cerdas merupakan akronim dari Cendekia, Ekowisata, Religi, Daya saing, Aman, Sehat sejahtera.

Tanya jawab Wawali Mor dengan rombongan CCU berlangsung penuh kekeluargaan
Sembilan smart solutionyang dimaksud adalah sebagai berikut.
1.Qlue Manado
Qlue adalah aplikasi pelaporan masyarakat berbasis sistem operasi android. Melalui aplikasi Qlue, masyarakat dapat melaporkan kondisi lingkungan kota Manado, misalnya mengenai kebersihan, banjir, selokan tersumbat, kemacetan lalu lintas, dan permasalahan lainnya secara real time.
Laporan yang disampaikan masyarakat melalui aplikasi Qlue langsung ternotifikasi oleh personil yang menangani di Cerdas Command Center, dan selanjutnya diteruskan ke Perangkat Daerah atau Dinas, atau pihak yang terkait untuk menangani.
2. e-GoL
e-Gol merupakan akronim dari Electronic Government Letter, adalah aplikasi surat menyurat berbasis website (web). Tujuannya adalah untuk memudahkan setiap Perangkat Daerah atau Dinas dan Badan untuk mengadministrasikan surat menyurat di instansi masing-masing secara elektonik.
Semua kegiatan surat menyurat, yaitu surat masuk dan keluar, dapat dilakukan melalui aplikasi e-GoL. Pengiriman dan atau pendisposisian surat melalui aplikasi ini dapat dilakukan di mana saja selama terkoneksi dengan jaringan internet.
3. TauPang
TauPang merupakan akronim dari Pantau harga Pangan, adalah aplikasi yang digunakan untuk memantau harga sembilan bahan pokok (sembako) di pasar besar yang ada di kota Manado.
Melalui aplikasi TauPang, kita dapat melihat di dashboard Cerdas Command Center (C3) pergerakan harga sembako setiap hari, sehingga memudahkan pemerintah mengambil kebijakan jika terjadi lonjakan harga.
Apilikasi TauPang merupakan kerja sama pemerintah kota Manado dengan Bank Indonesia provinsi Sulawesi Utara.
4. si Tasya
si Tasya merupakan akronim dari Sitem Pemantauan Masyarakat, adalah aplikasi yang digunakan untuk memantau aktivitas masyarakat melalui Closed Circuit Television (CCTV) yang dipasang di sejumlah titik kota Manado.
Aplikasi ini digunakan untuk kebutuhan analisa data berupa: kepadatan kendaraan di ruas jalan tertentu; mengenali jenis kendaraan dan plat nomornya; analisa wajah.
5. Lapor Manado
Lapor Manado merupakan aplikasi pelaporan masyarakat berbasis website (web). Aplikasi ini merupakan hasil kreasi tim Cerdas Command Center (C3). Telah diuji coba dan terus dikembangkan.
Kelebihan aplikasi Lapor Manado, operator dapat menarik laporan dari berbagai jenis platform pelaporan resmi pemerintah kota Manado.
6. RICCA
RICCA merupakan akronim dari Ramalan Iklim Cuaca Cerdas. Aplikasi ini merupakan hasil kerja sama pemerintah kota Manado dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) provinsi Sulawesi Utara.
Melalui akses aplikasi RICCA, Cerdas Command Center (C3) memperoleh data cuaca, curah hujan, prediksi petir, kecepatan dan arah angina, ketinggian gelombang, dan hal lainnya yang terkait dengan BMKG.
7. si Gita
si Gita merupakan akronim dari Sistem Gabungan Aplikasi Perangkat Daerah. si Gita adalah penggabungan aplikasi dari beberapa Perangkat Daerah (Dinas dan Badan). Data yang ditampilkan dalam si Gita adalah peta kota Manado yang telah diverifikasi oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Badan Informasi Geospasial (BIG). Data tersebut diolah oleh tim Cerdas Command Center (C3).
Data yang diperoleh merupakan data pemerintah kota Manado, yang berupa data perpajakan, data pembangunan, data potensi rawan bencana, data kependudukan dan mitigasi bencana.
8. Kanal Resmi Pemerintah kota Manado
Demi efektivitas dalam menerima laporan masyarakat, pemerintah kota Manado membuka kanal pengaduan resmi milik pemerintah kota Manado. Kanal pengaduan yang dimaksud terdiri dari: a. Facebook Fanpage (pemerintah kota Manado); b. Twitter (@PemkotManado), c. Whatsapp (08114309292), d. Call Center (0431-851103), e. Email (cerdascommandcenter@gmail.com) dan f. Website (manadokota.go.id).
9. Radio Komunikasi Gagak
Radio komunikasi gagak merupakan diseminasi atau penyebaran informasi dari pemerintah kota Manado, yang disampaikan melalui jaringan Radio Handy Talky ke seluruh Perangkat Daerah (Dinas dan Badan) yang terkait dengan call sign Posko Gagak. SolMont.(tim/sulutonline).