Pelayanan Meningkat, Maret UPTB Minut Realisasikan Rp 18 Miliar

Kepala UPTB Minut Vanny Saruan SEKepala UPTB Minut Vanny Saruan SE

Manado-Kinerja UPTB Minut Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulut terkait pelayanan langsung patut diapresiasi. Menyusul, semakin mudahnya mengakses pengurusan perpanjangan pajak, lewat loket pelayanan dengan cukup memasukkan nomor kendaraan di komputer dan langsung dapat melihat jumlah besaran yang akan dibayar.

"Ini UPTB Minut solebe bagus, pelayanan so meningkat bahkan torang wajib pajak so dapat melihat torang pe jumlah pembayaran yang harus torang siapkan, " tandas Melky salah satu wajib pajak baru-baru ini.

Sementara itu, Kaban BApenda Sulut Olvie Atteng melalui Kepala UPTB Minut Vanny Saruan SE menyatakan, perhatian pemerintah baik Gubernur-Wagub-Sekdaprov dan petunjuk Kaban ke UPTB Minut menjadi hal yang luar biasa, ini dibuktikan dengan penambahan loket pelayanan dalam pengecekkan langsung jumlah pajak dan langsung dinikmati wajib pajak.

Lanjut Saruan, sinergitas antara semua instansi yang ada baik Kepolisian dan Jasa Raharja sangat penting, sehingga semua program OD-SK bagi pelayanan publik sangat memberikan kemudahan bagi wajib pajak sehingga selain mudah, cepat dan transparan namun bukan menjadi suatu kepuasan, karena masih banyak hal yang harus dibenahi.

Dikatakan Saruan, sampai saat ini kesadaran wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan sangat baik, bahkan dari Januari hingga Maret sudah terealisasi Rp 18.171,262,835 miliar atau 29,02 persen dari 9433 unit kendaraan yang telah membayar pajak.

Saruan saat didampingi KTU Charles Taju, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor menjadi pendapatan terbesar yakni Rp 10,149.381,600 Miliar atau 30,34 persen, diikuti pajak kendaraan bermotor Rp 7,847,468,445 atau 27,42 persen. Sementara pajak air permukaan mendapatkan Rp 7.885,140 atau 15,62 persen, sementara denda memebrikan pendapatan 33,11 persen atau Rp 165,527,650 miliar. Sehingga target yang diberikan melebihi Rp 2,525,807,459 Miliar.

“Masih banyak pembenahan yang akan dilakukan, semuanya diberikan bagi masyarakat bagi Sulut hebat,”ujar Saruan. (tim/sulutonline)