Kansil Buka Konas dan Seminar Internasional IAIFI

Manado-Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil, MPd membuka Kongres Nasional (Konas) ke-15 dan Seminar Internasionl ke-20 Ikatan Ahli Ilmu Faal Indonesia (IAIFI) di Hotel Aryaduta Manado, Kamis ( 17/05). Hajatan internasional yang digelar IAIFI Cabang Manado itu, diikuti sekitar 300 peserta yang merupakan para pakar ilmu Faal dari seluruh Indonesia dan negara Malaysia.

Dalam kesempatan itu Wagub mengatakan, disiplin ilmu Faal atau fisiologi yang meliputi fisiologi manusia, tumbuhan dan fisiologi hewan, eksistensinya berperan penting dalam pendekatan holistik terhadap penanganan isu-isu mahkluk beserta lingkungan hidup, tetapi juga masalah sosial bangsa-bangsa di dunia, seperti pemanasan global, bencana alam, kemunduran kuantitas dan kualitas sumber daya alam yang di konsumsi manusia, stres yang dialami manusia serta dampak kesehatan akibat masalah sosial dan keterbatasan fisik.

“Dengan luasnya lingkup kajian dari ilmu tersebut, tentunya harus dijawab pula dengan peningkatan pengetahuan dari para ahli Faal dan institusi yang mampu menjawab kebutuhan, serta dukungan segenap stakeholder bidang kesehatan, antara lain IAIFI yang selama ini telah banyak membantu pemerintah dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat, “jelas Kansil.

Karena itu lewat konas dan seminar internasional kali ini, Wagub berharap akan dapat menghasilkan berbagai rumusan-rumusan strategis demi pengembangan disiplin ilmu Faal kedepan. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu, turut pula dihadir Ketua IAIFI Prof. Dr. A Purba, sesepuh IAIFI Prof. Manu Abeng.(Tim/sulutonline).

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options