Dirjen Dukcapil Kemendagri Bakal Canangkan Program GISA di Sulut

Acara GISAAcara GISA

Manado-Gerakan Indonesia Sadar Adminduk atau #GISA telah dicanangkan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bersama Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh dipusat beberapa waktu lalu.

Kini giliran Provinsi Sulawesi Utara yang akan mencanangkan program tersebut. Jika tidak ada aral melintang Program #GISA akan dicanangkan langsung oleh Dirjen Dukcapil di Manado pada hari, Senin (23/04/2018).

Pencanangan program tersebut akan dilaksanakan dalam kegiatan sosialisasi kebijakan kependudukan yang digelar oleh Dinas Dukcapil Provinsi Sulut.

Diketahui Gerakan Indonesia Sadar Adminduk atau disingkat #GISA adalah sebuah gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan.

Kesadaran tersebut ditunjukkan dengan 4 hal, yakni kesadaran akan pentingnya dokumen kependudukan, pentingnya pemanfaatan data kependudukan, pentingnya pemutakhiran data kependudukan, dan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan yang membahagiakan rakyat.

Melalui #GISA, diharapkan akan terbangunnya ekosistem pemerintahan dan masyarakat yang sadar akan pentingnya adminstrasi kependudukan. Target #GISA adalah masyarakat, aparatur petugas pelayanan Dukcapil, dan lembaga pengguna (pemerintah dan swasta). (tim/sulutonline)