Antisipasi Teror Bom, ODSK Minta Masyarakat Aktifkan Poskamling

Humas DR Jemmy KumendongWagub Kandouw didampingi Wakil Ketua Dewan Sulut Wenny Lumentut dan Asisten I Setdaprov Sulut Drs Edison Humiang dan Karo Pememrintahan dan Humas DR Jemmy Kumendong

Manado-Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE mengeluarkan Surat Edaran (SE) untuk mencegah aksi teror bom yang menyasar rumah-rumah ibadah dan fasilitas umum.

Surat tersebut diteken oleh Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw pada, Senin, 14 Mei 2018 yang ditujukan kepada Bupati dan Walikota se Sulut.

SE bernomor 300/2827/Sekr.Ro.Pemhumas dibacakan Wakil Gubernur pada jumpa pers, Senin (14/05/2018) dan meminta setiap Bupati dan Walikota agar meningkatkan koordinasi dan kerjasama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam menjaga keamanan dan ketertiban wilayah masing masing.

"Perketat pengawasan dan penjagaan di tempat-tempat umum, perkantoran/fasilitas pemerintah dan pusat-pusat keramaian sesuai dengan Standar Operasional Prosedur," ujar Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw.

Selain itu, Wagub Kandouw mengimbau Bupati dan Walikota meningkatkan peran aktif warga dalam menjaga keamanan dan ketertiban melalui Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) dan melakukan ronda malam secara kontinu.
Aksi teror Bom Surabaya terus menjadi perhatian Pemprov Sulut
"Jemaat dan warga masyarakat sekitar agar dapat meningkatkan pengamanan di rumah-rumah ibadah terutama saat umat sedang melaksanakan peribadatan, dan dapat melibatkan aparat keamanan serta wajibkan tamu yang menginap 1 x 24 jam di lingkungan masing-masing untuk melaporkan diri pada pemerintah setempat," paparnya.

Lebih jauh, Wagub Kandouw mengingatkan Bupati dan Walikota untuk mengawasi pengguna media sosial yang menyebarkan paham radikalisme dan jika didapati ada yang terindikasi paham radikalisme agar dapat melaporkannya pada pihak yang berwenang.

Diketahui, seluruh tindakan antisipasi tersebut diharapkan mampu menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat Sulut."Demikian Surat Edaran ini untuk dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya," pungkas Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw yang di dampingi Wakil Ketua DPRD Sulut Wenny Lumentut SE, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Edison Humiang dan Kepala Biro Pemerintahan Dan Humas DR Jemmy Kumendong.(tim/sulutonline)