Christal, Patut Diperhitungkan Maju Dalam Pilwako 2020

Christiano Talumepa SHChristiano Talumepa SH

Manado-Perhelatan Pilwako 2020 mulai dilirik. Salah satunya CHRISTIANO TALUMEPA SH atau biasa disebut Christal. Mantan Asisten III Kantor Gubernur Sulut yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Hukum, Kadis Tenaga Kerja, Kadis Koperasi UMKM Pemprov Sulut.

Mulai marak di jaringan FB. Christal yang selalu tampil sederhana itu, mampu melihat animo masyarakat Kota Manado dalam suksesi Pilwako 2020 mendatang.”Tentunya sebagai birokrat tulen, saya masih melihat peluang dan kesempatan yang ada,”katanya pada wartawan, Rabu (23/05/2018) malam.

Seorang Birokrat Muda yang bening bersih. Sebagai seorang birokrat, Chistal punya segudang pengalaman dalam bidang pemerintahan. Christal yang pernah menjabat Kepala Biro Hukum termuda di Indonesia, dan mampu menyelesaikan banyak permasalahan hukum saat itu, termasuk menyelamatkan asset-aset pemerintah daerah yang menjadi objek gugatan dan juga melakukan pengkajian penyusunan produk hukum daerah serta mengevaluasi produk hukum kabupaten kota sebelum di tetapkan dan diberlakukan sebagai regulasi daerah.

Christal juga pernah menjadi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang sempat meresahkan pemilik perusahaan baik Swasta maupun BUMN dan BUMD karena kebijakan-kebijakannya yang mewajibkan setiap perusahaan untuk melakukan perlindungan hak -hak tenaga kerja/ karyawan, seperti kewajiban perusahaan melakukan pemeriksaan kesehatan tenaga kerja & UMP yang layak, sehingga melahirkan UMP tertinggi di Indonesia timur setelah Papua dan juga Zero Accident /Nol kecelakaan kerja.

Setelah itu, menjabat Kepala Badan Lingkungan Hidup yang saat itu mewajibkan setiap usaha/kegiatan perusahaan untuk wajib memiliki AMDAL/Analisis Dampak Lingkungan, dan membentuk Tim Pengawasan dan Penegakan Hukum Terpadu yang melakukan pemeriksaan terhadap pelaku usaha yang nakal dan
pada usia 44 tahun, Christal menjadi Asisten III “termuda” di Indonesia serta mampu menyelesaikan masalah temuan BPK yang sudah menjadi konsumsi publik karena di sorot semua media saat itu dan Pemerintah Provinsi Sulut dapat meraih kembali penilaian WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan Negara (BPK).

Disamping itu, juga Christal punya pengalaman sebagai Ketua Tim Evaluasi PERDA APBD Kabupaten/Kota dan PERDA tentang kelembagaan Kabupaten/Kota.

Christal pernah Menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi & UKM, dan ditangannya permasalahan 5( lima) kepemimpinan PUSKUD yang sudah berlarut larut tak terselesaikan oleh 5 Kepala Dinas sebelumnya dapat di selesaikan menjadi 1 (satu) Kepengurusan.

Saat ini Gubernur Olly Dondokambey SE memakai Christal sebagai Policy Advisor Gubernur dan penasehat kebijakan Gubernur Sulut dalam Jabatan sebagai Staf ahli bidang pemerintahan hokum dan politik, yang sehari hari mendampingi Gubernur untuk memberikan saran & pertimbangan agar kebijakan pemerintahan yang diambil tidak berdampak hukum dan politik.

Dalam Karier Kepangkatan Christal pernah mendapat Kenaikan pangkat prestasi kerja luar biasa baiknya – 4D, yang diusulkan oleh Gubernur ke BKN Pusat dan diuji oleh 5 pejabat eselon 1 (SESTAMA DAN PARA DEPUTI ) yang dipimpin langsung oleh Kepala BKN PUSAT, Pejabat setingkat Menteri. Karier kepangkatan 4D yang mestinya diraih oleh seorang PNS dalam masa kerja dinas 30 tahun.

Akan tetapi oleh seorang Christal pangkat golongan tersebut hanya diraih dalam jangka waktu dinas 17 tahun 6 bulan dan rekor kepangkatan seperti ini masih langka di Indonesia. Figur Birokrat seperti inilah yang dapat membawa perubahan terhadap kota Manado yang memiliki persoalan pemerintahan, pembangunan , hukum dan kemasyarakatan yang sangat kompleks .

Figur seperti Christal yang pantas untuk menjadi pemimpin kota Manado dan harus kita dukung secara bersama sama. (tim/sulutonline).