Safari Ramadhan Pemkot Manado Dengan Jamaah Masjid Sabilal Muhtadin Buha, Wujud Toleransi, Saat Buka Puasa Tidak Hanya Dinikmati Umat Muslim

Wawali Mor saat khotbah dalam Jamaah Masjid Sabilal Muhtadin BuhaWawali Mor saat khotbah dalam Jamaah Masjid Sabilal Muhtadin Buha

Manado-Masyarakat Kota Manado yang majemuk dan heterogen dengan berbagai suku, agama, ras dan antar-golongan justru menciptakan suasana yang harmonis dan damai. Hal itu terbukti, saat masyarakat merayakan hari raya keagamaan.

Seperti ketika umat Muslim melaksanakan ibadah puasa 1439 Hijriyah, umat beragama lainnya ikut menikmati suasana di bulan suci Ramadhan ini. Apalagi, saat tiba waktu berbuka puasa, hampir seluruh pelosok Kota Manado terlihat orang ramai-ramai buka puasa bersama umat Muslim.
 Wawali Mor saat menyerahkan bantuan
“Suasana buka puasa seperti ini, hanya ada di Kota Manado. Tidak hanya umat Muslim yang merasakan suasana bulan puasa, namun umat beragama lainnya ikut menikmati. Kalau tiba waktu berbuka puasa, umat beragama lainnya juga ramai-ramai buka puasa bersama. Ini merupakan wujud toleransi masyarakat yang ada di Kota Manado, yang tidak memandang perbedaan yang ada,” ujar Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan SE, dalam acara buka puasa bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dan Jamaah Masjid Jami Sabilal Muhtadin, Kelurahan Buha, Kecamatan Mapanget, Rabu (23/05/2018) sore mewakili Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut SH,MSi,DEA.
Wawali Mor foto bersama Jamaah Masjid Sabilal Muhtadin Buha.
Menurutnya, suasana rukun dan damai di Kota Manado merupakan bentuk kebersamaan seluruh masyarakat. Dimana, jalinan silaturahmi tanpa memandang perbedaan tidak hanya slogan semata. Apalagi, Kota Manado mendapat predikat kota paling toleran di Indonesia.
Wawali Mor dalan acara  buka puasa bersama Jamaah Masjid Sabilal Muhtadin Buha
“Meraih penghargaan ini tidak susah, namun yang susah adalah mempertahankan Kota Manado sebagai kota paling toleran di Indonesia. Butuh keseriusan kita semua untuk bisa membuktikan bahwa masyarakat Manado, cinta kedamaian dan kerukunan,” tandasnya.

Tampak mendampingi Wawali Mor Bastiaan, Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Micler CS Lakat SH MH, beberapa kepala Perangkat Daerah dilingkup Pemkot Manado, Camat Mapanget Reyn Heydemans, serta Lurah dan kepala lingkungan se-Kecamatan Mapanget.
Wawali Mor dalam buka puasa bersama Jamaah Masjid Sabilal Muhtadin Buha
Juga hadir unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Mapanget, Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Kota Manado, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat di sekitar masjid yang terletak di Jalan Politeknik Buha.

“Kami sangat berharap kehadiran Bapak Wakil Walikota di Masjid Sabilal Muhtadin Buha dalam rangka Safari Ramadhan, bisa membawa berkah bagi pembangunan masjid ini,” jelas Imam Masjid Jami Sabilal Muhtadin Buha Haji Alan Budi Kusnadi didampingi Ketua Badan Ta'mirul Masjid (BTM) Ahmad Latala SH.
 Wawali Mor dalam acara buka puasa bersama Jamaah Masjid Sabilal Muhtadin Buha
Tampil sebagai pembawa tauziah atau hikmah puasa Drs H Ulyas Taha MPd selaku Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara.(tim/sulutonline)