Diterima Walikota GSVL, Komisioner Ombudsman RI Kunjungi Pemkot Manado

Walikota GSVL foto bersama saat berada di ruangan C3Walikota GSVL foto bersama saat berada di ruangan C3

Manado-Kota Manado menjadi daya tarik tersendiri bagi Ombudsman Republik Indonesia (RI). Pasalnya, Kota Manado dinilai berhasil dalam memberikan perubahan peningkatan layanan publik yang lebih professional, transparan dan berpihak pada masyarakat.

Saat berkunjung ke Propinsi Sulawesi Utara (Sulut), sebagai lembaga negara pengawas pelayanan publik, Komisioner Ombudsman RI Dadan Suparjo Suharmawijaya SIP MSI menyempatkan diri menyambangi kantor pusat Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, di kawasan Tikala, Kamis (19/07/2018) pagi.
Walikota GSVL saat menerima kunjungan kerja Ombudsman RI di Pemkot Manado
Kunjungan Komisioner Ombudsman RI Dadan Suparjo Suharmawijaya didampingi Kepala Perwakilan Ombudsman Sulawesi Utara Hilda R Tirajoh di Kantor Walikota Manado, diterima Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA bersama Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Micler CS Lakat SH MH, di ruang kerja Walikota Manado.
Walikota GSVL saat pertemuan bersama tim  Komisioner Ombudsman RI
Saat bertemu Walikota Vicky Lumentut, Ombudsman RI mengaku kagum dengan terobosan yang dilakukan PemkotManado dalam meningkatkan pelayanan publik di Kota Manado kearah yang lebih baik. Sementara, Walikota Vicky Lumentut mengatakan PemkotManado terus berupaya meningkatkan pelayanan publik salah satunya dengan mendorong para penyelenggara pemerintahan untuk melayani masyarakat sesuai standar pelayanan yang berkualitas.

"Kami sangat menyambut baik penilaian Ombudsman sesuai dengan standar dan kriteria yang diterapkan berdasarkan UU nomor 25 tahun 2009. Berangkat dari semangat Ombudsman itulah, Pemkot Manado bertekad melakukan pembenahan dan perbaikan, yang dimulai dari Perangkat Daerah sampai ke Kecamatan dan kelurahan," ujar Walikota dua periode itu.
Walikota GSVL saat menemani tim Ombudsman RI ketika berada di ruangan C3
Menurutnya, selaku Walikota dirinya telah meminta pendampingan dari Ombudsman, baik saat penilaian maupun tidak ada penilaian. "Dan pendampingan itu untuk semua perangkat daerah yang dinilai maupun yang tidak dinilai. Ini dimaksudkan agar integritas pelayanan publik di KotaManado bisa maksimal dan bisa mendapatkan predikat A di tahun 2018 ini,” tukas Walikota Vicky Lumentut.
 Walikota GSVL foto bersama saat berada di ruangan C3
Olehnya, tambah orang nomor satu di Manado itu, Pemkot Manado telah melakukan inovasi dalam meningkatkan pelayanan publik. Salah satunya dengan membangun Cerdas Command Center agar masyarakat lebih cepat dan tepat mendapatkan pelayanan lewat aplikasi cerdas. Dalam kesempatan itu, Walikota Vicky Lumentut mengajak Komisioner Ombudsman RI untuk melihat dari dekat ruang kendali Cerdas Command Center.(tim/sulutonline)