Tunjang Program Pemerintah, FKDM Kecamatan dan Kelurahan Segera Dibentuk

Ketua FKDM Kota Manado James Karinda SH saat melakukan sosialisasiKetua FKDM Kota Manado James Karinda SH saat melakukan sosialisasi

Manado-Untuk menunjang seluruh program pemerintah, maka dibentuklah organisasi bernama Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM). Untuk itu, telah dilakukan rapat bersama Camat dan Lurah se Kota Manado untuk persiapan pembentukan dan pelantikan FKDM Kecamatan dan Kelurahan.

Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut (GSVL) melalui Kaban Kesbangpol Kota Manado Drs Hanny Solang mengatakan, keamanan tidak bisa terbayar dengan uanga. Untuk itu FKDM hadir dalam mendorong stabilitas melalui Deteksi dini, Cegah dini dan tangkal dini setiap issu masalah yang terjadi di Kota Manado
Kepala Kesbangpol Kota Drs Hanny Solang mewakili Walikota GSVL saat membuka acara sosialsiasi FKDM
Dengan harapan, tujuan yang ingin dicapai terwujud. Apalagi 2 minggu dari sekarang kita akan melaksanakan Manado Fiesta 2018.”Intinya, masyarakat harus tahu persis apa itu Manado Fiesta. Sudah tahun ke 2 ini. Sejujurnya masih ada yang belum tahu apa itu Manado Fiesta, Terutama acara Thakns Giving. Nah, ini yang harus di sosialisasikan,”katanya saat membuka rapat mewakili Walikota Manado, Rabu (15/08/2018) di salah satu Hotel.

Selain itu, kata Solang, untuk pembentukan FKDM Kecamatan dan Kelurahan, jangan pilih pengurus yang terlibat kasus. Apalagi PALA. Carilah tokoh masyarakat untuk menuju Manado Cerdas dan Manado Rukun.

Nara sumber FKDM DR Tommy Sumakul SH, mengatakan, organisasi FKDM adalah bentukan pemerintah, maka wajib didukung, termasuk anggarannya sesuai Permen nomor 2 tahun 2018.”Dimana posisi strategis FKDM adalah wadah bagi elemen masyarakat yang dibentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat. Melalui Deteksi dini, temu cepat dan lapor cepat yang selanjutnya kepala daerah mengambil keputusan,”katanya.
 Nara sumber FKDM DR Tommy Sumakul saat memberikan presentasi tentang Tupoksi FKDM
Menurut Sumakul, tugas FKDM adalah menjaring, menampung, mengkoordinasikan, mengkonsumsikan data informasi dari masyarakat tentang potensi ancaman Kamtibmas, gejala atau peristiwa bencana dalam rangka upaya cegah secara dini, memberikan rekomendasi, menyampaikan laporan sebagai bahan pertimbangan bagi Gubernur, Bupati, Walikota mengenai kebijakan yang berkaitan dengan kewaspadaan dini masyarakat.”Tentunya kita harus bekerja bersama –Teamwork,”katanya.

Sementara Ketua FKDM Kota Manado James Karinda SH sebelum memberikan materi memperkenalkan seluruh anggota FKDM Kota Manado. “Manado sangat majemuk, tapi tidak ada teroris namun harus waspada sehingga Manado mendapatkan gelar Kota yang Toleran se Indonesia. Untuk itu, segeralah melakukan persiapan pelantikan di tingkat Kecamatan dan Kelurahan. Dengan rincian 5 personil untuk kecamatan, 5 personil untuk Kelurahan dan 5 Personil untuk Lingkungan. “Akan dilantik oleh Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut. Diharapkan FKDM bisa membantu program pemerintah Kota Manado,”terangnya.(tim/sulutonline)