SPEKTAKULER, Pesta Rakyat Sulut Bersama ODSK, Gubernur Olly Irup Kemerdekaan RI ke 73

Gubernur Olly dan Ketua TP PKK Ir Rita Dondokambey Tamuntuan serta Forkompimda asyik berjoget bersama Krisdayanti, Igo Idol dan Viktor HutabaratGubernur Olly dan Ketua TP PKK Ir Rita Dondokambey Tamuntuan serta Forkompimda asyik berjoget bersama Krisdayanti, Igo Idol dan Viktor Hutabarat

Manado-Malam Pesta Rakyat yang dilaksanakan Pemprov Sulawesi Utara dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 berlangsung meriah dan spektakuler.

Gubernur Olly dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw bersama Ketua TP PKK Ir Rita Dondokambey Tamuntuan dan Wakil Ketua TP PKK dr Devi Kartika Kandouw Tanos, larut dalam suasana sangat gembira.

Acara yang dilaksanakan di lapangan Koni Sario Manado, Jumat (17/08/2018) malam, dimeriahkan dengan berbagai atraksi seperti tarian Masamper dan Marching band serta artis-artis ibu kota yakni Igo idol, Victor Hutabarat dan Krisdayanti.
Penyanyi Krisdayanti saat menyalami Gubernur Olly
"Kemenangan yang kita nikmati kali ini adalah anugerah Tuhan yang paling indah" sahut Gubernur dihadapan tamu undangan diantaranya pimpinan Dewan Sulut Andre Angouw, Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Forkompimda Sulut, serta seluruh pejabat eselon IV, III dan II Pemprov Sulut serta ribuan masyarakat Sulut yang hadir."Saya mengajak kepada semua hadirin untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan" lanjut orang nomor satu di Sulut ini.

Rangkaian kegiatan tersebut dilanjutkan Gubernur dengan mengajak semua tamu undangan untuk melakukan toast kenegaraan yang juga dirangkaikan dengan pemasangan lilin ulang tahun RI.


Gubernur Olly Irup Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-73 Tingkat Provinsi Sulut

Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73 Tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dirayakan Pemprov Sulut dengan menggelar Upacara Bendera detik-detik Proklamasi Kemerdekaan, pada Jumat (17/08/2018) pagi.
Gubernur Olly saat menerima Paskibraka di panggung 17 Agustus 2018
Gubernur Sulut Olly Dondokambey, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara yang digelar di Lapangan Wolter Monginsidi Sario Manado. Dihadiri Wakil Gubernur Steven Kandouw, Ketua TP-PKK Sulut Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP-PKK Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, MARS.
Gubernur Olly berselfieria bersama anak sekolah SMU usai peringatan HUT ke 73 NKRI
Pada upacara yang berjalan khidmat itu, Ketua DPRD Provinsi Sulut Andrei Angouw membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan RI, dan pengibaran bendera dilakukan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari 30 siswa SMA berprestasi di 15 Kabupaten dan Kota se-Sulut. Bertindak sebagai Danpok 17 Delvebert Ompi, Danpok 8 Versen Deeng, pembawa baki bendera Aiko Assa, pembentang bendera Johan Waas, dan pengerek bendera Jilbert Damopoli.

HUT RI Ke-73, Gubernur Olly Ramah Tamah Dengan Veteran

Selanjutnya Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menggelar acara ramah tamah dengan keluarga pahlawan, perintis/janda perintis kemerdekaan dan veteran di Eks-Kantor DPRD Sulut, Jumat (17/08/2018) siang. Dalam sambutannya, Gubernur Olly Dondokambey, SE mengatakan, terlaksananya pertemuan yang bertepatan dengan peringatan HUT Republik Indonesia ke-73 itu sebagai wahana untuk menunjukkan penghormatan kepada para perintis kemerdekaan dan keluarganya serta kepada para veteran di Sulut.
Gubernur Olly saat menyerahkan berkas
"Sekaligus sebagai momentum bagi kami generasi penerus, untuk menjaga jalinan hubungan emosional, serta kekeluargaan dengan para keluarga pahlawan, dan para veteran," ucap Gubernur Olly.

Menariknya, Olly juga mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang sangat memperhatikan kesejahteraan seluruh veteran di Indonesia dengan menaikkan tunjangan kehormatan veteran sebesar 25 persen.
Gubernur Olly dan Wagub Kandouw saat menyalami para LVRI
Adapun kenaikan tunjangan kehormatan veteran tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 31 Tahun 2018 yang diteken Jokowi pada 18 Juli lalu. Lebih jauh, Gubernur Olly juga menyebut rencana Pemprov Sulut untuk merenovasi markas Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Sulut di Bumi Beringin pada tahun 2019.

Serahkan Remisi, Gubernur Olly Ingatkan 587 Napi di Lapas Manado Untuk Terus Perbaiki Diri

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE memimpin upacara pemberian remisi HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Manado, Jumat (17/08/2018) pagi.
 Gubernur Olly saat menyalami para Napi di Lapas Manado
Secara simbolis, Gubernur Olly menyerahkan SK pemberian remisi kepada 3 perwakilan warga binaan Lapas. Terdapat 587 narapidana di Lapas Manado yang mendapatkan remisi umum HUT RI ke-73. Dari jumlah tersebut 5 diantaranya dinyatakan bebas. Menariknya, warga binaan lapas yang telah bebas dari masa tahanan itu juga mendapatkan bantuan biaya transportasi dari Olly untuk pulang ke tempat tinggalnya masing-masing.

"Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi pencapaian perbaikan diri yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari-hari. Perbaikan itu tercermin dari sikap warga binaan yang taat selama menjalani pidana, lebih disiplin, lebih produktif, dan dinamis. Tolak ukur pemberian remisi tidak didasarkan pada latar belakang pelanggaran hukumnya, akan tetapi didasarkan pada perilaku mereka selama menjalani pidana," ungkap Gubernur Olly.

Pemprov Sulut Gelar Upacara Penurunan Bendera HUT RI ke-73

Pada sore hari, setelah sukses melaksanakan Upacara Detik-Detik Proklamasi pada pagi hari, Pemprov Sulut kembali menggelar Upacara Penurunan Bendera dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 pada Jumat (17/08/2018) petang di Lapangan Wolter Monginsidi, Sario Manado.

Tepat pukul 17.30 WITA Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengambil tempat sebagai Inspektur Upacara (Irup) sedangkan bertindak selaku komandan upacara adalah Letkol Laut Nur Subagio.
Gubernur Olly, Wagub Kandouw bersama Ketua TP PKK Sulut Ir Rita Dondokambey Tamuntuan dan Wakil Ketua TP PKK dr Devi Kartika Kandouw Tanos
Di awali dengan serenade lagu Berkibarlah Benderaku, Bangun Pemuda Pemudi, dan Syukur yang dibawakan dengan apik oleh para pelajar SMA Rex Mundi, Manado, upacara dilanjutkan dengan penurunan bendera oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Bertindak sebagai pembawa baki Jeane Hehakaya dan pengibar bendera Septian Bansuan, Ricky Pangaila serta Swingly Pelealu.

Acara kemudian dilanjutkan dengan toast bersama dan pesta rakyat bersama penyanyi ibukota Krisdayanti, Igo Idol, dan Viktor Hutabarat.(ADVETORIAL/ BIRO PEMERINTAHAN DAN HUBMAS PEMPROV SULUT)