Paparkan Pertumbuhan Ekonomi pada Rakornas Camat Regional I, Wagub Kandouw: Sulut Aman, Nyaman dan Tenteram

Wagub Kandouw saat memaparkan Pertumbuhan Ekonomi pada Rakornas Camat Regional IWagub Kandouw saat memaparkan Pertumbuhan Ekonomi pada Rakornas Camat Regional I

Manado-Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven OE Kandouw menghadiri acara ramah tamah bersama peserta Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Camat Regional I di Minahasa Utara, Rabu (29/08/2018) malam.

Dalam pertemuan yang diikuti ratusan camat dari seluruh Pulau Sulawesi, Maluku dan Papua itu, Wagub Kandouw mengatakan bahwa rukun dan damainya kehidupan bermasyarakat di Sulut meskipun masyarakatnya sangat majemuk menjadi kunci sukses dipercayakannya Sulut menjadi tuan rumah sejumlah iven nasional.
Wagub Kandouw juga memaparkan pesatnya kunjungan turis mancanegara di Sulut
"Sulut aman, nyaman dan tenteram. Suasana kondusif ini adalah buah dari tingginya kesadaran masyarakat Sulut untuk selalu hidup berdampingan satu dengan yang lain dalam kerukunan dan kedamaian," kata Kandouw.

Kandouw menuturkan kerukunan masyarakat itu juga yang membuat Sulut meraih beberapa penghargaan dari pemerintah pusat, yakni Harmony Award (daerah terbaik dalam kerukunan umat beragama) dari Kementerian Agama RI dan daerah paling toleran dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP).

Selain itu, di hadapan para camat regional I, Kandouw juga menerangkan terus meningkatnya pertumbuhan ekonomi Sulut karena didukung pesatnya perkembangan pariwisata Sulut. Selama tahun 2015 sampai tahun 2017 Pertumbuhan ekonomi Sulut selalu berada pada angka diatas 6 % atau lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yaitu 5 %.
Wagub Kandouw, Wakil Ketua TP PKK dr Devi Kartika Kandouw Tanos, Bupati Vonny Panambunan dan Sesditjen Bina Administrasi Kewilayahan (BAK) Kemendagri Nugroho
"Kami juga mampu menurunkan persentase penduduk miskin sebesar 1,08 persen, dari 8,98 persen tahun 2016 menjadi 7,9 persen pada bulan September tahun 2017," ungkap Kandouw.

Untuk diketahui, di sektor pariwisata, dalam tahun-tahun terakhir terjadi peningkatan yang signifikan terkait jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulawesi Utara. Tahun 2015, jumlah wisatawan macanegara sebanyak 27.059, meningkat menjadi 48.288 pada 2016, dan pada tahun 2017, jumlah wisatawan mancanegara mencapai angka 86.976, serta selang bulan Januari sampai Juni tahun 2018 mencapai 59.125. Hal ini berkat dukungan penerbangan langsung Manado-Tiongkok serta berkat sinergitas kerja segenap komponen pembangunan di daerah dan dukungan penuh dari pemerintah pusat.

Pertemuan itu turut dihadiri Bupati Minut Vonny Panambunan, Sesditjen Bina Administrasi Kewilayahan (BAK) Kemendagri Nugroho, Wakil Ketua TP PKK Sulut, dr Kartika Devi Kandouw-Tanos, MARS, perwakilan Forkopimda dan para pejabat Pemprov Sulut. (tim/sulutonline)