Wagub Kandouw Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Mantan Gubernur A.J Sondakh dan GSSJ Ratulangi

Wagub Kandouw Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Mantan Gubernur A.J SondakhWagub Kandouw Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Mantan Gubernur A.J Sondakh

Manado-Untuk memperingati HUT ke- 54 Provinsi Sulawesi Utara, Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw melakukan Ziarah dan Tabur Bunga ke Makam A.J Sondakh mantan Gubernur Sulut, di Bukit Kasih Kanonang Minahasa, Rabu (19/09/2018).

Pada kesempatan tersebut Wagub Kandouw didampingi Wakil Ketua TP-PKK Sulut Kartika Devi Tanos dan sejumlah Kepala SKPD lingkup Pemprov Sulut dan Pejabat Pemkab Minahasa melakukan Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di Makam A.J Sondakh (Mantan Gubernur Sulut Periode Tahun ( 2000 -2005 ) Desa Kanonang Kecamatan Kawangkoan, yang turut dihadiri Keluarga Almarhum.
Bersama Wagub Kandouw, Wakil Ketua TP PKK dr Kartika Devi tabut bunga di makam mantan Gubernur AL Sondakh
Adapun dalam upacara ziarah selaku komandan upacara dipimpin oleh Kepala Dinas Perkebunan Daerah Sulut Refly Ngantung, sedangkan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw, bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Masih di Kanonang Wagub Kandouw bersama Wakil Ketua TP PKK dr Kartika Devi Kandouw -Tanos Mars bersama Pejabat Bupati Minahasa Roy Mewoh dan Pejabat - Pejabat dari Provinsi serta Minahasa diundang makan oleh keluarga.
Wagub Kandouw saat tabur bunga di makam mantan Gubernur GSSJ Ratulangi
Selanjutnya Rombongan Wagub Kandouw menuju Tondano, hal yang sama juga digelar dengan melakukan prosesi tabur bunga serta upacara penghormatan di Makam Pahlawan Nasional DR Gerungan Saul Samuel Jakob ( GSSJ ) Ratulangi, Gubernur Pertama Pulau Sulawesi (periode 1945-1949) di Kelurahan Wawalintouan Kecamatan Tondano Barat Kabupaten Minahasa.

Usai ziarah dan tabur bunga, Wagub Kandouw mengatakan ziarah ini bukan sekedar nostalgia saja, tetapi menjadi momentum untuk kembali mengingat jasa para pendahulu.

“Intinya mengingatkan kembali kita semua, baik pemerintah dan masyarakat tentang jerih payah mereka yang sudah menyusun dasar-dasar pemerintahan di Sulawesi Utara,” tutur Wagub Kandouw.
Wagub Kandouw saat melakukan penghormatan di makam GSSJ Ratulangie
Wagub Kandouw mengharapkan makam mantan gubernur dan wakil gubernur terus dirawat.“Mari torang jaga terus, kalau perlu torang tingkatkan. Kalau ada yang kurang torang lengkapi, kalau ada yang rusak torang perbaiki,” tutur Wagub Kandouw.

“Besok ziarah juga akan dilakukan Gubernur Olly di Jakarta, yakni untuk mengenang Mantan Gubernur Sulut FJ Tumbelaka, Mantik dan Baramuli,”tutup Wagub Steven Kandouw .

Ziarah tersebut pula turut dihadiri Pj Bupati Minahasa Royke Mewoh, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jefry Korengkeng SH, serta sejumlah pejabat eselon II lingkup Pemprov Sulut, dan Pejabat teras Pemkab Minahasa. (tim/sulutonline)