Bantu 1 Miliar dan Logistik, ODSK Kirim Bantuan Untuk Korban Gempa-Tsunami di Sulawesi Tengah

bencana Palu yang diterima Kadis BPBD Joy OrohGubernur Olly saat menyerahkan secara simbolis dana 1 miliar untuk bencana Palu yang diterima Kadis BPBD Joy Oroh

Manado-Sebagai bentuk empati dan kepedulian kepada korban bencana alam gempa tektonik dan tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengirimkan bantuan logistik senilai Rp 100 juta bagi para korban bencana dan juga uang tunai 1 miliar kepada Pemprov Sulteng.

Bantuan yang diserahkan langsung Senin (01/10/2018) siang sebagai bentuk kepedulian total dari Gubernur Olly Dondokambey SE, Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw (ODSK) serta Sekdaprov Edwin Silangen SE, MS untuk meringankan beban para korban bencana.
Gubernur Olly foto bersama tim Tagana usai pelepasan menuju Palu
Gubernur Olly saat melepas tim menuturkan, musibah gempa yang terjadi di Sulteng adalah duka bersama, disamping itu menjelaskan bahwa terdapat orang-orang asal Sulut yang terkena bencana saat peristiwa tersebut.

Sejalan dengan itu, Gubernur menerangkan, Pemerintah daerah akan mengirimkan tim yang dibantu juga oleh forum Pria Kaum Bapa dibawah pimpinan Pdt Lucky akan pergi bersama dengan tim yang akan membawa bantuan.

Lebih dalam lagi, Gubernur mengajak kepada segenap lapisan masyarakat Bumi Nyiur Melambai untuk pedul kepada saudara saudara yang terkena musibah di Kota Palu. Sertah menghimbau kepada masyarakat Sulut untuk tetap waspada.

Diketahui, selain bantuan berupa barang, Pemprov Sulut juga mengirimkan sebanyak 35 personil Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan staf Dinsosda Sulut. 35 personel itu terbagi dalam 2 tim yang bertugas bergantian setiap minggu. Adapun tim yang pertama sudah diberangkatkan bersamaan dengan bantuan logistik.
Gubernur Olly saat menyampaikan sambutan dalam pelepasan bantuan Pemprov Sulut ke Palu
Bantuan yang telah dikirimkan ke lokasi bencana, yaitu :
- Beras 1,05 ton
- Supermie 110 dos
- Gula 50 kg
- Susu kaleng 4 dos
- Minyak kelapa 15 dos
- Paket lauk pauk 264 paket
- Selimut 50 potong
- Terpal 33 lembar
- Paket sandang 150 paket
- Telur ayam 20 baki
- Air mineral 20 dos
- Sayur-sayuran
- BBM Pertalite 55 liter
- BBM Solar 100 liter.

Selain bantuan logistik, tim Dinsosda Sulut juga membawa peralatan yg terdiri dari :
- 1 unit mobil rescue taktis
- 1 unit mobil dapur umum lapangan lengkap dengan perlengkapan di dalamnya
- 1 unit truk serbaguna
- 2 unit Genset
- 2 unit Tenda serbaguna keluarga
- 18 velbed
- 3 tabung gas uk 12 kg
- 1 set peralatan jaringan listrik.
Gubernur Olly dalam pelepasan tim Tagana untuk ke Palu
Di lokasi bencana, Tim Tagana dan staf Dinsosda Sulut akan bekerja untuk melayani pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi, melakukan pendampingan dan layanan dukungan psikososial, melakukan perlindungan sosial pada kelompok-kelompok rentan yaitu lansia, anak-anak, ibu hamil dan penyandang disabilitas, melakukan evakuasi korban apabila dibutuhkan oleh instansi terkait.

Sebelumnya, Dinsosda Sulut juga telah menerima bantuan dari Kementerian Sosial RI sebanyak 2 unit mobil rescue taktis dan mobil truk serbaguna. Perlu diketahui bahwa mobil truk serbaguna langsung ditugaskan menuju Palu membantu mendukung tugas-tugas tim Tagana dan staf Dinsosda.

Disamping itu juga bantuan langsung dari Jurnalis Independen Sulut (JIPS) kepada korban bencana dan menyusul bantuan dari SKPD Lingkup Pemprov Sulut.(tim/sulutonline)