Memorial Service Pererat Kawanua USA

Memorial Service Pererat Kawanua USAMemorial Service Pererat Kawanua USA


Satu
tradisi luar biasa yang patut diapresiasikan dalam kerukunan keluarga besar Kawanua yang ada di California yakni kebersamaan dan kekeluargaan, seperti yang tercermin dalam acara memorial service atas meninggalnya alm. Jacoba Singal Wungkana, orang tua dari keluarga besar Singal-Maramis , Minggu (17/06).

Sekalipun almarhumah berada di Minahasa, tapi karena salah satu anak sudah menetap di Amerika, seperti juga dengan peristiwa duka lainnya, seluruh warga Kawanua yang ada di California berkumpul dan berperayaan memorial service.

Memorial service yang digelar di GMIM USA Fontana California tersebut berbentuk ibadah penghiburan bagi keluarga yang berduka. Dalam ibadah tersebut seperti juga ibadah penghiburan lazimnya, ada rangkaian ibadah yang dilayani oleh Pendeta, kemudian satu persatu kerabat ataupun ikatan kerukunan yang masih terikat dengan keluarga yang berduka diberikan kesempatan untuk menghibur keluarga lewat puji-pujian.

Selanjutnya keluarga yang berduka akan diberikan kesempatan untuk membawakan sambutan. Isi sambutan bervariasi, tapi kebanyakan menceritakan tentang sosok yang meninggal dunia serta ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga memorial service tersebut dapat terlaksana.

‘’Saya bangga dengan semua warga Sulut di Amerika yang tetap memelihara tradisi kekeluargaan dan gotong royong,’’ ujar Felix Singal mengakhiri sambutan keluarga.

Rangkaian acara memorial service tersebut diakhiri dengan santap kasih bersama di fellowship gereja. Makanan yang disuguhkan itu berasal dari Jemaat atau di California dikenal dengan istilah potluck. Masing-masing Jemaat membawa makanan sebagaimana yang sudah diatur. Keluarga yang berduka tidak harus lagi menyibukkan diri dengan makanan yang akan disantap.

Malah kebanyakan, dari acara seperti inilah para warga Sulut tersebut dapat menikmati menu Minahasa seperti ayam rica-rica, sayur acar, sambal teri, serta berbagai aneka kue khas seperti Panada, Apang, dan Brudel. ‘’Inti dari memorial service ini selain untuk menghibur keluarga yang berduka juga bisa lebih mempererat ikatan orang Sulut di California,’’ ujar Ketua Jemaat GMIM USA Joudy Johannis Wowor. (***)

Post new comment

The content of this field is kept private and will not be shown publicly.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

More information about formatting options

By submitting this form, you accept the Mollom privacy policy.