Lagi, Manado Dinobatkan Sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia, Mendagri Tjahjo Kumolo Puji Konsistensi Walikota GSVL Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama

Walikota GSVL saat menerima piagan penghargaan dari Mendagri Tjahjo KumoloWalikota GSVL saat menerima piagan penghargaan dari Mendagri Tjahjo Kumolo

Manado-Untuk kedua kalinya Setara Institute For Democracy and Peace menetapkan dan menobatkan Manado sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia.

Keberhasilan menjaga sikap hidup toleransi masyarakat Kota Manado itu mendapat perhatian Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang berkesempatan menyerahkan penghargaan tersebut kepada Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA Jumat (07/12/2018) di Hotel Ashley Jakarta.

Mendagri juga memuji pola penerapan pemerintahan Kota Manado dibawah kendali Walikota Vicky Lumentut yang mampu menjaga dan mempertahankan predikat Manado sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia itu. Mendagri menyebut Walikota Vicky Lumentut sebagai pemimpin kota yang tetap semangat dan konsisten membangkitkan semangat mempererat kerukunan antar umat beragama di ibukota Provinsi Sulawesi Utara.
Lagi, Manado Dinobatkan Sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia, Mendagri Tjahjo Kumolo Puji Konsistensi Walikota GSVL Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama
“Biasanya kalau sudah periode akhir ada kepala daerah yang tak bergairah lagi mempertahankan prestasi di periode pertama masa pemerintahan. Tapi Pak Walikota Manado beda, sebagai Mendagri saya menilai Pak Vicky patut dicontoh, yang meski disibukan dengan ragam tugas pemerintahan. Masih konsen untuk terus melakukan pendekatan kepada masyarakat khususnya tokoh agama agar tetap menjaga semangat toleransi. Ini bagus dan baik ditiru,” tukas Mendagri.

Dirinya yakin jika apa yang dilakukan Walikota Vicky Lumentut di Manado tidak hanya diperankan pemerintah saja tetapi berakar sampai ke masyarakat secara luas. Hal ini patut dicontoh dan ditiru daerah lainnya di Indonesia.

“Benar kata Pak Walikota Vicky. Selama ini toleransi bukan hanya atas dasar seruan pemerintah. Tapi sudah membudaya, kiranya daerah lain di Indonesia ikuti jejak Kota Manado. Termasuk kabupaten kota di Sulut. Ayo, jangan hanya Manado daerah paling toleran. Mari bersama kita membiasakan hidup dalam suasana rukun, aman dan damai demi Indonesia lebih baik dan maju,” pungkas Kumolo.
Walikota GSVL foto bersama Mendagri serta sejumlah penerima piagan penghargaan
Sementara itu, Walikota Lumentut sendiri menyatakan bahwa apa yang diperoleh Kota Manado sebagai Kota Toleran di Indonesia. Ini semua merupakan kerja keras semua lapisan masyarakat, khususnya para tokoh agama atau rohaniawan lapisan semua golongan agama di Kota Manado. Yang bisa menjaga hubungan diantara warga, baik keamanan dan kedamaian bersama.

"Diraihnya kembali penghargaan Kota Toleran untuk Kota Manado, semua ini hasil kerja keras semua pihak baik pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, aparat TNI/Polri dan kalangan insan pers dalam menjaga keamanan dan kedamaian kota. Mari kita terus menjaganya, karena aman itu mahal dan damai itu indah," jelas Walikota Lumentut.(tim/sulutonline)