Wawali Mor Hadiri Rakornas Pemilu 2019 di Makassar, Ini Tujuannya

Wawali Mor saat menghadiri Rakornas PemiluWawali Mor saat menghadiri Rakornas Pemilu

Manado-Wakil Walikota Manado Mor D Bastiaan SE mewakili Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL), mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) bidang Kewaspadaan Nasional dalam rangka Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019 yang digelar Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kegiatan yang digelar Selasa (12/02/2019) di salah satu hotel di Kota Makassar, Sulsel ini, dibuka oleh Dirjen Polpum Kemendagri, Soedarmo.

Dirinya mengatakan bahwa Pemilu serentak sudah sangat dekat sehingga pertemuan ini adalah pertemuan terakhir bagi seluruh pemangku kepentingan.
Suasana Rakornas Pemilu
Ini juga guna memastikan kesiapan dari masing-masing stakeholder dan pemangku kepentingan yang terkait dengan penyelenggaraan pemilu serentak yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Wawali Mor mengutip pernyataan Direktur Kewaspadaan Kemendagri DR Akbar Ali MSi selaku ketua panitia penyelenggara, menyampaikan tujuan yang akan dicapai melalui rakornas ini.

“Pemilu diharapkan berlangsung iklim demokrasi yang damai dan kondusif serta berkesinambungan. Terjalin sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah serta seluruh pihak terkait dalam menjalankan tugas,” jelasnya.
Wawali Mor bersama Walikota Bitung dalam Rakornas Pemilu
Yang teramat sangat penting dari Rakornas ini adalah menyatukan persepsi dan menampung akumulasi persoalan yang masih ada terkait kesiapan dari penyelenggara yakni KPU, Bawaslu, Pemerintah Daerah dan Aparat TNI-POLRI.

“Peran pemerintah daerah, pelaksanaan pemilihan umum perintah Keputusan MK dalam ini simplifikasi penggabungan Undang-undang (UU) Pemilu KPU, UU Pilpres dan UU DPRD DPR DPD, di dalam UU nomor 7 tahun 2017,” ungkapnya.

Referensi pedoman pemilu serentak, ini amanat UU harus disukseskan. “Pilpres ini mau tidak mau harus dilaksanakan dengan baik. Sehingga pemilu serentak bisa jalan sukses dalam penyelenggaraannya, pengamanan, pemilihnya,” pungkasnya. (tim/sulutonline)