Bersama Wawali Mor, Walikota GSVL Bergoyang Masamper Dalam Upacara Adat Tulude

Bersama Wawali Mor, Walikota GSVL Bergoyang Masamper Dalam Upacara Adat Tulude di KotaBersama Wawali Mor, Walikota GSVL Bergoyang Masamper Dalam Upacara Adat Tulude di Kota

Manado-Gelaran budaya Nusa Utara yakni Upacara Adat Tulude yang dilaksanakan di Lapangan Sparta Tikala, Kamis (14/02/2019), sore hingga malam dan dihadiri ribuan Warga Manado asal Nusa Utara, berlangsung khidmat.

Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSiDEA dalam sambutannya menyampaikan, dirinya dan Pak Wakil Walikota Mor Bastian yang diberi tugas oleh masyarakat Manado hingga 9 Mei 2021 mendatang, menginginkan untuk hal-hal yang bersifat seni, budaya, adat yang beragam di kota Manado.
MERIAH gelaran pacara ada Tulude
“Mari terus digali, dipelihara dan lestarikan, serta suguhkan di Manado yang telah kita canangkan sebagai kota tujuan wisata,”ingat Walkota GSVL.

Dikatakannya, salah satu diantara banyaknya budaya di Manado, yang harus terus dijaga dan dilestarikan adalah upacara adat Tulude yang dirayakan sore hari ini.
GSVL-Mor dalam gelaran upacara adar Tulude
“Dengan digelarnya Upacara Adat Tulude saat ini, menunjukan tentang jati diri bangsa kita terkait budaya yang ada di kepulauan Nusa Utara. Mari warga Manado asal Nusa Utara, di ruang rumah besar kita kota Manado. Kita jaga dan lestarikan budaya upacara adat Tulude, begitu pun dengan budaya-budaya adat lainnya yang ada di kota Manado,” ajak Walikota Vicky Lumentut.
Walikota GSVL dalam gelaran Adat upacara Tulude
Lanjut dikatakan Walikota Vicky Lumentut, dengan digelarnya upacara adat Tulude diharapkan dapat lebih mempererat tali persaudaraan warga Manado asal Sangihe, Sitaro dan Talaud dan boleh menyatu di rumah besar kita kota Manado.
Gelaran budaya Nusa Utara yakni Upacara Adat Tulude
“Semoga dengan digelarnya upacara adat Tulude ini, dapat mempersatukan dan mempererat tali persaudaraan warga Manado asal Nusa Utara,” tandas Walikota Vicky Lumentut.

Prosesi upacara adat Tulude yang dimeriahkan dengan berbagai atraksi seni itu, dihadiri oleh Wakil Walikota Manado Mir D Bastian SE, Ketua TP-PKK Manado Prof DR Julyeta P.A Runtuwene, Wakil Ketua TP-PKK Manado Ny Imelda Markus SE, para pejabat jajaran Pemerintah Kota Manado dan masyarakat kota Manado asal Nusa Utara.
TULUDE harus dilestarikan
Menariknya, disesi terakhir Walikota GSVL brsama istri dan Wawali Mor bersama istri serta seluruh kepala SKPD ikut turun bersama dan bergoyang tarian Masamper sambil bernyanyi. (tim/sulutonline)