Walikota GSVL Bakar Batu Bersama Warga Asal Papua

Walikota GSVL Bakar Batu Bersama Warga Asal Papua.docx_Walikota GSVL Bakar Batu Bersama Warga Asal Papua.docx_

Manado-Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL), Minggu (17/02/2019) sore, berbaur dengan warga Kota Manado asal Papua untuk mengikuti tradisi Bakar Batu.

Hal ini dilakukannya seperti yang dilakukannya di awal tahun-tahun sebelumnya.

Kegiatan yang kali ini dipusatkan di Kelurahan Batukota Lingkungan V, Kecamatan Malalayang, digelar kerjasama warga asal Papua dengan Pemkot Manado.
Walikota GSVL berbaur dengan warga Kota Manado asal Papua untuk mengikuti tradisi Bakar Batu
Tradisi Bakar Batu merupakan salah satu tradisi penting di Papua yang berupa ritual memasak bersama-sama yang bertujuan untuk bersyukur, bersilaturahim. Disebut Bakar Batu karena benar-benar batu dibakar hingga panas membara, kemudian ditumpuk di atas makanan yang akan dimasak.

Walikota GSVL ikut berbaur dengan warga asal Papua dan ikut memasak makanan yang sudah disiapkan di tumpukan batu. Usai Bakar Batu, dilanjutkan dengan ibadah syukur yang dipimpin Pdt Thomas Wenda STh.
Kegiatan yang kali ini dipusatkan di Kelurahan Batukota Lingkungan V, Kecamatan Malalayang, digelar kerjasama warga asal Papua dengan Pemkot Manado
Saat memimpin ibadah syukur, Pdt Wenda mengatakan bahwa keberhasilan yang dicapai Walikota GSVL selama ini, khususnya dalam memimpin Manado hampir 8 tahun lamanya, karena buah yang baik yang telah ditanam. Sehingga selalu mendapat pertolongan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Kita semua percaya bahwa, pencapaian yang dialami Pak Walikota GSVL karena buah yang ditanam. Sehingga, hukum tabur tuai berlaku. Pak Wali menanam yang baik, buahnya pasti baik pula,” ujar Pdt Wenda.
Walikota GSVL makan bersama warga Papua
Sementara itu, Walikota GSVL sendiri mengatakan, dirinya selaku pemimpin Kota Manado, tidak memperlakukan orang yang tinggal di Manado secara berbeda-beda. Sehingga Kota Manado pum diganjar predikat kota paling toleran di Indonesia.

“Siapapun dia yang tinggal di Manado, apakah dari Papua atau daerah lainnya, yang penting memiliki KTP Kota Manado, dia berhak menikmati semua program pemerintah Manado,” ucap Walikota Manado dua periode ini.
Walikota GSVL saat memasang lilin dalam upacara Bakar Batu bersama warga Papua
Dirinya berharap, warga Manado asal Papua juga ikut membantu pemerintah dalam pembangunan termasuk dalam mendukung program-program Pemkot Manado.

Ikut mendampingi Walikota GSVL yakni sejumlah pejabat Pemkot Manado, antara lain Kabag Pemerintahan dan Humas Drs Sonny Takumansang MSi, Camat Malalayang Deysie Kalalo SE MSi, Lurah dan Pala. (tim/sulutonline)