Pemprov Sulut Lakukan Transplantasi Karang di Desa Kapitu Minsel

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey saat kegiatan di lautGubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey saat kegiatan di laut

Manado- Jika tidak ada aral melintang, Jumat (05/04/2019) mendatang, Pemprov Sulut melalui Dinas Lingkungan Hidup bekerjasama dengan PT Cargill Indonesia dan Manengkel Solidaritas akan mengagendakan kegiatan transplantasi karang sebagai bagian restorasi terumbu karang yang rusak.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir Marly Gumalag didampingi Kabid Joice Matheos, Senin (01/04/2019) menjelaskan kegiatan akan dilaksanakan di Desa Kapitu, Kabupaten Minahasa Selatan.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir Marly Gumalag
“Hal ini juga berdasarkan kepedulian Pak Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw terhadap lingkungan hidup. Berdasarkan rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau pulau kecil di Sulut tahun 2013-2033, Desa Kapitu masuk dalam kawasan konservasi laut.

“Dan hasil Tim survey menemukan masih adanya kehadiran tiga habitat pending oesisir di desa Kapitu, yakni hutan mangrove lebat, Padang lamun luas dan terumbu karang yang baik, sehingga butuh perhatian ekstra,” urai Gumalag.
Transplantasi Karang
Untuk itu kami bekerjasama mengambil langkah awal melakukan restorasi terumbu karang menggunakan metode transplantasi karang blok tipe meja dengan melibatkan masyarakat lokal.

Diketahui manfaat terumbu karang selain wisata, sebagai penyedia pangan, pelindung pantai sebagai pemecah ombak, tempat berpijah, makan biota laut, gudang keanekaragaman dan bahan baku obat-obatan.
(tim/sulutonline)