Arsip

Besok, Jokowi Resmikan Jalan Tol Manado-Minut-Bitung

Manado-Sempat tertunda saat akan diresmikan Juli lalu, sesuai jadwal Presiden Ir Joko Widodo akan meresmikan Jalan Tol Manado-Minut-Bitung pada Selasa (29/09/2020) besok siang.

Presiden Jokowi akan meresmikan salah satu infrastuktur prestisius di Bumi Nyiur Melambai tersebut secara virtual.

Namun begitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Ir M Basoeki Hadimoeliono MSc PhD dipastikan hadir di lokasi jalan tol Manado-Minut-Bitung pada Selasa besok.

Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Pemprov Sulut Dra Ivonne RJ Kawatu membenarkan soal rencana peresmian jalan tol.

“Ya, rencananya akan diresmikan secara virtual oleh pak Presiden Jokowi, dan pak Menteri PUPR RI Basoeki akan hadir di lokasi jalan tol,” ungkap Kabid Ivonne saat dikonfirmasi Senin (28/09/2020) malam ini.

Sebelumnya Gubernur Ollly Dondokambey SE telah menggenjot pihak pelaksana agar jalan tol ini cepat tuntas. Dan pada rencana peresmian Juli lalu, Gubernur Olly telah memantau langsung terkait kesiapan jalan tol, namun batal dilakukan.

Adapun jalan Tol Manado-Minut-Bitung nerupakan jaringan Jalan Tol Trans Sulawesi.yang memiliki panjang panjang 39 Km dengan total nilai investasi Rp6,19 triliun.

Yang pengerjaannya terdiri 2 seksi, yaitu Seksi 1 (14 km) dibiayai oleh dana APBN dan dana pinjaman dari pemerintah Cina.

Seksi 2 (25 km) dibiayai oleh investor PT Jasamarga Manado Bitung.

Jika nanti beroperasi penuh, jalan tol ini akan memangkas waktu perjalanan dari Manado—Bitung, yang sebelumnya diperlukan waktu 1 jam—1,5 jam menjadi 40 menit—50 menit. (tim/sulutonline)

Telah dibaca: 16
Budi Rarumangkay

Budi Rarumangkay

Berita sejenis