Arsip

Bukan Pepesan Kosong, Gubernur Olly Ajak Warganya Bercocok Tanam Saat Corona

Manado-“Kita bisa kembali turun ke tanah menanam, kembali ke kebun”. Ajakan itu disampaikan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey kepada seluruh warganya agar tidak mudah menyerah menghadapi tantangan di tengah situasi sukar akibat pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia.

Olly menuturkan, alam Sulut sangat diberkati Tuhan dengan tanah yang subur sehingga hanya dengan kemauan dan kerja keras dari seluruh masyarakat Sulut yang bekerja sebagai petani atau warga yang memiliki lahan tidur di sekitar tempat tinggalnya dapat menanam tanaman pangan dan merawatnya dengan teratur maka kebutuhan pangan bukanlah hal yang sulit untuk dipenuhi.

“Kita harus siapkan segala sesuatu selama tiga bulan kedepan. Harus disiapkan. Karena segala sesuatu ini belum kita tahu sampai dimana. Tetapi kita harus siap,” ucap orang nomor satu di Sulut.

Ajakan tersebut bukan sekadar pepesan kosong. Terbukti Olly telah lama memberdayakan petani dan warga di sekitar kediamannya di Desa Kolongan, Kabupaten Minahasa Utara hingga berhasil mengubah lahan tidur menjadi sawah padi dan berbagai tanaman pangan lainnya. Dan usaha ini dilakukan bukan karena terjadinya pandemi covid-19 namun jauh sebelumnya.

Selasa (14/4/2020), Olly kembali melakukan panen padi di sawah kawasan kediamannya. Saat melakukan panen, Olly yang tampak mengenakan masker dan pakaian sederhana Iayaknya seorang petani, yakni kaos oblong berwarna orange dengan setelan celana pendek dan mengunakan topi koboi coklat mengendarai alat pemanen padi (combine harvester).

Terlihat Olly sangat mahir mengendalikan alat tersebut sambil berputar-putar memanen padi di area ladang padi tersebut. Menurutnya, Iahan perkebunan itu berhasil untuk menanam padi karena intensif dirawatnya terus menerus dari awal penanaman bibit hingga siap panen. (tim/sulutonline)

Telah dibaca: 173
Budi Rarumangkay

Budi Rarumangkay

Berita sejenis