Gubernur Olly: Budaya Mapalus Menjadi Kunci Pengendalian Inflasi Memacu Ekonomi Lewat Pertanian Pangan

Manado– Gubernur Olly Dondokambey menjelaskan soal Inflasi di Indonesia termasuk inflasi di Sulut dapat dikendalikan seminimal mungkin karena adanya kejasama antara kabupaten dan kota di Sulut.

Termasuk keterlibatan forkopimda seperti TNI dan Polri serta peran serta Perbankan di Sulawesi Utara. Bagi OD konsep mapalus (bekerja bersama) diterapkan di Sulut dalam Pengendalian Inflasi dan bagaimana memacu ekonomi lewat pertanian pangan dan lainnya.

“Pengendalian inflasi yang baik dan memberikan pertumbuhan ekonomi yang baik dan dampak ekonomi di Sulut ini nantinya bisa dirasakan oleh masyarakat di Sulut,” urai Gubernur saat memberikan sambutan kegiatan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua) di Sulawesi Utara tahun 2022, Senin (3/10).

Gubernur memberikan beberapa contoh di lapangan yang sedang didorong terutama sektor pertanian, pangan dengan program “mari ba kobong”.

Gubernur Olly Dondokambey bangga bangga sebab Sulut dipilih sebagai Penyelenggaraan GNPIP Sulawesi, Maluku dan Papua dilaksanakan di Sulawesi Utara yakni di Kota Manado.

Setelah acara pembukaan dilaksanakan pemutaran video program Pengendalian Inflasi di Sulut dan beberapa Provisi Lainnya.

Selanjutnya dilaksanakan Penadatanganan Kerjasama antar Daerah (KAD). Acara dilanjutkan dengan Pemberian Bibit Cabe yang diserahkan oleh Gubnur Sulut dan Deputi B.I dengan penyerahan pertama kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado Ibu Iren Angouw Pinontoan serta perwakilan dari Kota Kabupaten lainnya, juga kepada Para Kelompok Tani (Poktan) dan Asosiasi Pedagang Pasar dari Amurang Minsel dan Pasar Pinasungkulan Manado.

Gubernur juga memperkenalkan soal

KUR Bohusami Bakobong yang nantinya akan mendorong perekonomian masyarakat khususnya masyarakat tani.

Deputi Bank Indonesia Aida S. Budiman mengatakan, sehubungan dengan konsep Pengendalian Inflasi serta program dan kegiatan Pengendalian inflasi yang sedang dilakukan.

Ikut diuraikan soal Pengendalian Inflasi yang ada dibeberapa daerah termasuk inflasi pangan. Juga disampaikan dan dijabarkan tentang filosofi Gerakan Nasional GNPIP serta beberapa contoh konkrit dilapangan sehubungan dengan Pengendalian Inflasi Pangan.

Dicontohkan soal makanan berbagai sayuran di Sulut yang dikenal dengan Tinutuan, juga soal Barito atau Bawang, Rica, Tomat.

Acara terakhir yakni Lounching Pasar Bersehati Digital Manado serta Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) se Sulawesi, Maluku dan Papua.(sulutonline)

Telah dibaca: 8

Budi Rarumangkay

Berita sejenis