Arsip

Gubernur Olly Irup Peringatan HUT Ke-58 Provinsi Sulut

Manado – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Provinsi Sulut, di halaman kantor gubernur, Jumat (23/9/2022).

Gubernur Olly pada kesempatan itu, tampil dengan mengenakan pakaian adat daerah.

Olly dalam sambutannya, mengajak kepada masyarakat Sulut bersyukur karena bisa merayakan ulang tahun ke-58 daerah Bumi Nyiur Melambai dengan penuh sukacita.

Menurut Olly, kebersamaan antara pemerintah, forkopimda dan masyarakat, menjadi hal yang penting untuk kekuatan mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

“Kebersamaan dan koordinasi yang baik, merupakan hal yang penting untuk pembangunan,” ungkapnya.

Olly juga menegaskan, momentum HUT Provinsi Sulut ini menjadi refleksi terhadap jasa pemimpin Sulut terdahulu serta perjuangan bersama dalam melewati badai pandemi Covid-19.

“Saya berterima kasih atas kebersamaan selama ini yang telah satu visi bersama pemerintah melaksanakan pembangunan daerah,” terbangnya.

Olly pun membeber capaian positif Provinsi Sulut di usia 58 tahun.

Olly menuturkan, infrastruktur maupun sarana prasarana konektivitas di Sulut tetap berproses dan berprogres di masa pandemi Covid-19.

“Kita berhasil membuka ekspor langsung, diect call Manado ke Narita Jepang untuk meningkatkan ekspor komoditi perikanan dan rempah di Sulut,” ungkapnya.

Lanjut Olly, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sulut berada pada angka 73,30. Indeks Kebahagiaan 74,96, dan tercatat sebagai provinsi kelima dari 10 provinsi yang paling bahagia di Indonesia.

Olly menjelaskan juga perekonomian Sulut di triwulan ke-2 tahun 2022 berhasil bertumbuh 5,93%, dan berada di atas rata-rata nasional yakni 5,44%.

“Inflasi di Sulawesi Utara tetap terkendali dengan angka 3,84 dan masih menjadi paling rendah se pulau Sulawesi,” tuturnya.

Olly menambahkan, cukup banyak yang ditorehkan di masa pandemi lalu.

“Kita boleh membangun infrastruktur kesehatan, yakni tiga rumah sakit baru yaitu RSUD ODSK, RSJ Ratumbuysang dan RS Khusus Mata,” pungkasnya.

Hadir pada upacara ini, Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw, jajaran Forkopimda Sulut, Ketua TP PKK Sulut Ibu. Rita Dondokambey-Tamuntuan, Sekretaris TP PKK Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, para kepala daerah dan wakilnya se Provinsi Sulut, pejabat pemerintah dan undangan lainnya. (sulutonline)

Telah dibaca: 14

Budi Rarumangkay

Berita sejenis