Arsip

Majukan Pertanian dan Ekspor Sulut, Olly Dondokambey Sabet Indonesia Award (IA)-IV 2020


Jakarta – Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, masuk nominasi penghargaan Indonesia Award (IA)-IV 2020 untuk kategori bidang Pertanian dan Perdagangan dengan apresiasi terhadap terobosan program Asuransi Pertanian dan Ekspor.

IA-IV 2020 yang digelar MNC Group itu bertema “Kebanggaan Indonesia” dan akan diumumkan dalam acara siaran langsung TV INews secara langsung pada pukul 19.30 WIB, Rabu, 7 Oktober 2020.

Olly Dondokambey yang menjadi Capon Gubernur (Petahana) di Pilkada Sulut 2020 mampu menyabet penghargaan kategori memajukan Bidang Pertanian.

Penghargaan itu didapat Olly Dondokambey berkat terobosan kebijakan pertanian dan perikanan, yakni dengan program Asuransi Pertanian, serta Ekspor Komoditas Petani dan Nelayan.

Bahkan Olly mampu menjalankan inovasi kreatif, sehingga di saat pandemi Covid-19 pun, ekonomi Sulut tetap bergerak. Bahkan berhasil mengekspor aneka komoditas dengan membuka penerbangan kargo langsung dari Manado ke Tokyo, Jepang.

“Tentu adanya apresiasi media dalam bentuk award di bidang pertanian dan ekspor komoditas ini, saya sampaikan terima kasih. Tapi sesungguhnya semua keberhasilan dan capaian kami selama ini karena soliditas dan sinerji dengan masyarakat Sulut,” ujar Olly.

Ia pun menegaskan bahwa penghargaan Indonesia Award 2020 ini patut dipersembahkan untuk seluruh masyarakat Bumi Nyiur Melambai. “Indonesia Award ini tentunya menjadi kebanggaan bagi semua masyarakat Sulawesi Utara,” jelas Olly.

Pemerintahan Daerah Sulut di bawah Olly Dondokambey-Steven Kandouw sukses mampu mengangkat Nilai Tukar Petani (NTP) dari 96,21 di tahun 2016 menjadi 98,23 di tahun 2019. Ini mengindikasikan tingkat kesejahteraan petani semakin melesat.

Untuk melindungi panen, Olly Steven melakukan terobosan melalui program asuransi gagal panen kepada petani yang kali ini sudah mencapai 3.000 hektar dan akan terus diperluas.

Selain itu, Pemerintahan Olly Steven juga memberikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) untuk membantu petani penggarap agar lebih produktif. Pemberian asuransi juga kepada para peternak sebanyak 3000 peternak dan masih terus ditambah.

Sementara Nilai Ekspor komoditas pertanian Sulawesi Utara di bawah kepemimpinan Olly Dondokambey-Steven Kandouw meningkat pesat yakni dari 1,021 Juta US$ di tahun 2016 menjadi 3,735 Juta US$ di tahun 2019.

Aktivitas ekspor Sulawesi Utara terus meningkat, sejalan dengan bertambahnya produk komoditi ekspor menembus pasar manca negara.

Bertepatan dengan HUT Provinsi Sulut ke 56, pada 23 September 2020 Gubernur Olly Dondokambey membuka jalur ekspor via cargo pesawat Garuda ke Narita Jepang yang mengangkut produk perikanan dan kelautan seperti ikan tuna, ikan nila (mujair) dan rempah-rempah antara lain jenis bawang merah.

Terobosan ekspor oleh pemerintahan Olly Steven ini terbilang fenomenal karena justru digencarkan saat kondisi pandemi covid 19 menghantam hampir semua sektor. (*/tim/sulutonline)

Telah dibaca: 4
Budi Rarumangkay

Budi Rarumangkay

Berita sejenis