Arsip

Mewakili Gubernur Olly, Kadis Kominfo Sulut Apresiasi Yayasan Kanker Anak Pejuang Hebat Sulawesi Utara

Manado– Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sulawesi Utara, Evans Steven Liow, mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey, menghadiri acara Talkshow “Kecerdasan Cinta” Yayasan Kanker Anak Pejuang Hebat Sulawesi Utara, dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Kanker Anak Internasional Tahun 2022, dipusatkan di salahsatu pusat perbelanjaan terbesar di Manado.

Liow atas nama Gubernur, mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada segenap pihak, utamanya Dewan Pengurus Yayasan Kanker Anak Pejuang Hebat Sulawesi Utara yang telah menggagas dan mengupayakan terlaksananya kegiatan tersebut.

Lanjut Gubernur dalam sambutannya dibacakan Kadis Kominfo, diharapkan acara ini sungguh-sungguh akan memberikan output dan outcome sebagaimana Kita harapkan bersama. Prevalensi penyakit kanker di era milenial saat ini semakin hari semakin meningkat.

Sebagai salah satu penyakit pembunuh terbesar di dunia, kanker tidak hanya menyerang orang dewasa, namun anak-anak juga berpotensi terkena kanker.

Oleh karena itu, selain keluarga, peran tenaga kesehatan juga sebagai gerbang informasi serta merupakan elemen krusial dalam meningkatkan kepedulian kita semua pada kanker, lewat upaya dan langkah- langkah pencegahan, deteksi dini, maupun pengobatannya.

15 Februari mendatang akan memperingati Internatonal Childhood Cancer Day. Sebuah
peringatan akan harapan, akan usaha, akan kerja keras dari semua lini untuk mengkampanyekan kepedulian masyarakat terhadap kanker pada anak-anak, dimana di tahun ini mengangkat tema Better Survival Is achievable Through Your Hands, Right Care at the right time by the right team, sebagai bentuk apresiasi bagi
para Tenaga Kesehatan yang telah berjerih-payah memberikan dampak positif bagi tumbuh-kembang, keberlangsungan hidup dan masa depan anak-anak penderita kanker di dunia.

Pada momentum ini, kata Liow atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi para Tenaga Kesehatan di
Bumi Nyiur Melambai yang tak hanya menjadi garda terdepan dalam penanggulangan pandemi COVID-19, namun juga tetap setia memberikan sumbangsih, kontribusi bahkan performa terbaiknya bagi penanganan kanker anak, beserta juga Yayasan Kanker Anak Pejuang Hebat Sulawesi Utara.

Di Indonesia, penyakit kanker sudah menjadi permasalanan yang cukup besar. Di dunia, berdasarkan data dari WHO, sekitar 400.000 anak usia 0-19 tahun didiagnosa menderita kanker setiap tahunnya dan setiap 3 menit, satu orang anak meninggal karena kanker.

Sebagai harta berharga titipan Tuhan dan masa depan daerah dan bangsa, anak penderita kanker perlu mendapatkan terapi yang baik secara fisik namun juga secara mental emosional dan spiritual guna memotivasi anak dan keluarga untuk bersama berjuang melawan penyakitnya.

Dukungan keluarga dapat berupa dukungan informatif, dukungan penghargaan, dukungan instrumental maupun dukungan emosional.

Adanya motivasi sembuh tidak lepas dari berbagai faktor pendukung, baik pengasuhan, kasin sayang keluarga, serta secara pribadi dari karakter positif anak itu sendiri, untuk mendorong dirinya termotivasi sembuh.

Karena kita sadari, bagi anak-anak yang masih berusia belia, perjuangan melawan kanker bagi anak-anak tidaklah mudah, karena waktu yang seharusnya digunakan untuk bermain dan belajar tergantikan dengan masa pengobatan. (tim/ sulutonline)

Telah dibaca: 56

Budi Rarumangkay

Berita sejenis