Olly Mendapat Kehormatan Irup HUT ke-77 TNI di Makodam XIII Merdeka

Manado – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey mendapat kehormatan sebagai inspektur upacara (irup) pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di lapangan Makodam XIII Merdeka, Rabu (05/10/22).

Gubernur Olly yang membacakan amanat Panglima TNI Andika Perkasa menyapa.

para Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI serta mengajak untuk memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Karena pada hari ini kita dapat menyelenggarakan upacara peringatan HUT

ke-77 TNI dengan tema TNI adalah Kita,” ujarnya.

Kepada para prajurit dan PNS TNI, Olly mengungkap hasil dari berbagai lembaga

survei, di mana TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat.

Hasil Survei Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) tanggal 24 Juni 2022, TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik sebesar 93,2%. Sedangkan Hasil Survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) tanggal 31 Agustus 2022, TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93%.

Demikian juga hasil Lembaga Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tanggal 27 September 2022 merilis hasil survei dukungan dan kepuasan Kinerja TNI terhadap Demokrasi, sebesar 93.5 %.

“Oleh karenanya, Saya mengimbau kepada

seluruh Prajurit dan PNS TNI untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat tersebut, dengan bertindak dan berucap sesuai dengan Tugas Pokok TNI,” tukasnya.

Olly juga berharap stabilitas keamanan di Sulut tetap terjaga. “Semoga keadaan Sulut aman dari Covid-19, sehingga kegiatan HUT diwaktu mendatang kembali dapat dilaksanakan,” ujarnya.

Terkait keberadaan Kodam XIII Merdeka, Olly menyatakan kebanggaannya. “Sejak Kodam XIII Merdeka ada di Sulut, keamanan lebih terjaga, ekonomi juga bergerak. Karena keberadaan Kodam turut berdanpak bagi kelangsungan di Sulut,” tandasnya.

Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny Tuejeh, menyatakan tema HUT TNI tahun ini, ‘TNI adalah Kita’, menjadi bukti bahwa untuk mempertahankan negara ini, tidak cukup jika hanya mengandalkan kekuatan utama yang ada pada TNI.

“Saat ini kita menghadapi masalah besar, mulai dari Covid-19, hingga pemulihan ekonomi. Bahkan sekarang kita menghadapi inflasi. Akan hal ini, saya mengapresiasi Pak Gubernur, yang mengambil langkah untuk menghadapi inflasi. Langkah ini, ditempuh Pemprov Sulut, bagaimana menghilangkan kemiskinan,” kata Pangdam.

Pangdam juga mengungkapkan, pihaknya telah rampung menginventarisir seluruh wilayah yang masuk dalam lingkup Kodam XIII Merdeka, yang mencakup Sulut, Gorontalo dan Palu.

“Kita sudah menginventarisir pemda setempat. Jika terjadi kelangkaan bahan pokok bisa menggunakan anggaran. Saya sudah mengiventarisir semua angkutan, yang dapat dipakai untuk mengatasi ekonomi, sebagai sinergitas kami dengan semua komponen masyarakat. Kami siap untuk membantu program Pak Gubernur,” tegasnya.

Upacara HUT TNI yang berlangsung khidmat itu diikuti seluruh jajaran TNI dan PNS TNI.(sulutonline)

Telah dibaca: 12

Budi Rarumangkay

Berita sejenis