Arsip

Pekan Rakyat Minahasa Utara, Dari Kita Untuk Kita

Manado – Sebagai wilayah kabupaten yang sangat strategis bersebelahan langsung dengan Manado sebagai Ibu Kota Provinsi dan poros Bitung-Likupang, Minahasa Utara selalu menghadirkan pesona khas daerahnya.

Pada tanggal 1 hingga 19 Juni, Masyarakat Minahasa Utara (Minut) dapat menikmati rangkaian Pekan Rakyat Minahasa Utara yang diselenggarakan di Rumah Aspirasi Joune Ganda Center di sekitar zero point, Jl. Ir. Soekarno, Minut.

Dalam Pekan Rakyat ini. terdapat beberapa rangkaian konsep acara yang dikemas sedemikian apik dan menarik perhatian segenap lapisan masyarakat Minut, Manado dan sekitarnya.

Acara Pekan Rakyat yang dikemas dan diprakarsai oleh Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda ini, diselenggarakan bertepatan dengan peringatan Bulan Bung Karno pada bulan Juni ini sekaligus dalam rangka HUT PDI-P ke-49.

Festival kuliner UMKM binaan beberapa dinas di Pemkab Minut, wahana permainan, pentas seni, berbagai perlombaan untuk dewasa dan kalangan milenial seperti mewarnai, cooking class, zumba, line dance, DJ, E-sports serta mengangkat kearifan lokal seperti kolintang, masamper dan maengket turut memeriahkan perhelatan rakyat ini.

Dan tak ketinggalan pula, terdapat juga event menarik bersepeda Banteng Ride Tour de Likupang dan Night Run.

Reza Atmaja selaku pelaksana kegiatan yang dipercaya oleh Bupati untuk mengemas event masyarakat Minut ini, menuturkan, ” Event rakyat ini merupakan seri kedua setelah seri pertama pada 27 Maret lalu di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, bertepatan dengan rangkaian HUT PDI-P ke-49 yang dikomandani oleh Ketua Panitya HUT, Pulung Agustanto.”

Event rakyat ini mendapat dukungan yang luar biasa dari berbagai kalangan, khususnya Bupati Minut sendiri dan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey beserta WaGub, Steven Kandouw.

Dan bahkan acara rakyat ini sempat dihadiri oleh Sek-Jend PDI-P, Hasto Kristiyanto yang sempat bersepeda bersama Gubernur dan beberapa jajaran di wilayahnya pada 11 Juni lalu.

“Dalam rangka Juni Bulan Bung Karno sebagai Bapak bangsa besar ini, kita harus lebih meningkatkan rasa nasionalisme kita.” tandas Hasto.

Ia pun sangat mengagumi potensi yang ada di Sulut ini, keanekaragam seni dan budaya, kerukunan umat beragama, keanekaragaman hayati dan keindahan alamnya serta posisinya yang strategis di ujung utara negeri yang berbatasan dengan pasifik menjadikan Sulut, Bumi Nyiur Melambai ini sangat berpotensi untuk terus mentap masa depan Indonesia yang lebih baik.

Didampingi Gubernur dan Wakil serta beberapa Buoati di Sulut ini, Hasto memberikan apresiasi dan semangat untuk terus memajukan Indonesia dari Sulut.

“Untuk terus bangkitkan rasa nasionalisme, cita rasa kuliner Manado harus bisa going global dan pariwisata Sulut harus terus kembangkan riset dan berinovasi.”, tandas Hasto.

Rangkaian acara ini kian berkesan dengan prakarsa Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarno Putri yang juga Presiden RI ke-5 dengan diberikannya tanda kasih bagi para guru di daerah terluar di Sulut ini yang berupa 1000 unit sepeda dan 2000 pasang sepatu.

Pekan Rakyat Minut, Dari Kita Untuk Kita.(Febiyanto Harmonie)

Telah dibaca: 149

Budi Rarumangkay

Berita sejenis