Arsip

Sekdaprov Silangen Minta ASN Pemprov Sulut Sukseskan SP Online 2020

Manado-Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemprov Sulut ikut menyukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) Online tahun 2020 (SP2O2O).

Untuk diketahui, pengumpulan data sensus penduduk terdiri dari tiga tahapan yaitu SP Online dilaksanakan pada 15 Februari – 31 Maret 2020, Sensus Penduduk Wawancara (SP Wawancara) dilaksanakan pada 1-31 Juli 2020, dan Pencacahan Sampel di bulan Juli 2021.

“Kita semua sebagai ASN di lingkungan Pemprov Sulut diharuskan untuk mengisi SP2020 secara online. Karenanya, harus dipastikan kita telah berpartisipasi pada SP2020 dengan mengisi data pribadi sesuai kondisi riil terkini,” kata Sekdaprov Silangen usai menerima kunjungan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut Ateng Hartono di ruang kerjanya, Selasa (10/3/2020).

Silangen mengatakan, bahwa sesuai arahan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, diharapkan masing-masing Kepala PD di lingkup Pemprov Sulut bisa menggerakkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di instansinya.

Mereka diharapkan dapat berpartisipasi dalam menyukseskan SP2020 secara online. Harapannya akan semakin banyak pihak yang berkomitmen mengawal perwujudan satu data kependudukan atau Big Data melalui SP Online.

“Kami optimis lewat komitmen banyak pihak dalam melakukan pendampingan SP online di instansi kerjanya masing-masing, sebelum tangga 31 Maret SP2020 di Sulut akan bisa diselesaikan,” ujar Silangen.

Sementara itu, Kepala BPS Sulut Ateng Hartono menerangkan bahwa SP2020 merupakan salah satu data strategis untuk perumusan kebijakan. Disamping itu, SP2020 merupakan momen luar biasa 10 tahun sekali.

SP2020 menggunakan data administrasi kependudukan dari Ditjen Dukcapil sebagai basis data dasar yang kemudian dilengkapi pada pelaksanaan SP2020. Upaya ini menjadi langkah penting pewujudan Satu Data Kependudukan Indonesia.

“Diharapkan masyarakat juga berperan aktif mengisi data sesuai KK dan KTP,” pungkas Hartono.

Hartono juga mengapresiasi dukungan penuh Gubernur Olly dan jajaran Pemprov Sulut terkait pelaksanaan SP2020.

“Nanti Bapak Gubernur juga akan mengisi data sensus penduduk secara online. Waktu dan pelaksanaannya dalam waktu dekat ini,” kata Hartono. (tim/sulutonline)

Telah dibaca: 16
Budi Rarumangkay

Budi Rarumangkay

Berita sejenis