Arsip

Wagub Kandouw Ikut Serta, Mandiri Sulut KOM Challenge 2022 ‘Promosikan’ Pariwisata Kawanua

Manado – Event bergengsi, prestisius dan paling utama berdampak positif sektor pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mulai Sabtu (23/07/2022) pagi akan digelar.

Mainsepeda.com bersama Bank Mandiri menggelar event Mandiri Sulut KOM Challenge 2022, Sabtu-Minggu (23-24/07/2022).

Pada pelaksanaan hari pertama Sabtu besok pagi dengan star dan finis di Kantor Gubernur Sulut, akan turut serta Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw.

Total 300 cyclist bisa menikmati rute yang menyajikan pemandangan laut, gunung, hingga danau yang istimewa. Mereka datang dari 29 kota, 11 provinsi, dan 3 negara.

Founder Mainsepeda.com Azrul Ananda menyebut Sulawesi Utara merupakan tempat paling indah se-Indonesia yang pernah ia kunjungi secara pribadi dengan cara bersepeda.

Ia menyebut tidak semua kota bisa bikin event sepeda. Sebab harus ada faktor alamnya, infrastrukturnya, dan culturenya.

“Nah Sulut ini perfect. Ada gunung, bukit, laut, danau, orang-orangnya ramah, dan yang pasti makanannya luar biasa,” kata Azrul Ananda, yang juga dijuluki “kepala sekolah” AA School of Suffering dalam Konferensi Pers di Hotel Aston Manado, Jumat (22/07/2022).

Sementara itu, Vice President Bank Mandiri Regional Sulawesi dan Maluku Edison Situmorang mengatakan, keikutsertaan perseroan dalam penyelenggaraan event ini dimaksudkan untuk mengembalikan Sulawesi Utara sebagai salah satu destinasi wisata utama di Indonesia.

“Sebagai perusahaan milik negara, kami punya kewajiban moral untuk ikut membantu pemerintah setempat dan pemangku kepentingan lainnya bangkit dari terpaan pandemi ini. Oleh karena itu, kami berharap keberhasilan event Mandiri Sulut KOM Challenge 2022 ini bisa memicu kehadiran event-event lain, baik lokal nasional maupun internasional di Bumi Nyiur Melambai ini,” katanya.

Vice President Bank Mandiri Area Sulut-Go Eddy Efrata Sinulingga menambahkan, event sepeda yang berlangsung pada 23-24 Juli 2022 itu juga sejalan dengan keinginan Bank Mandiri untuk menjadi urban locomotive bagi perkembangan ekonomi dan sosial budaya masyarakat urban di Tanah Air, dalam hal ini adalah pengembangan sektor pariwisata di manado dan kota-kota sekitarnya.

“Apalagi olahraga sepeda saat ini telah berkembang menjadi gaya hidup sehat bagi warga urban di Sulawesi Utara, khususnya Manado, yang bisa dilihat dari menjamurnya komunitas-komunitas pesepeda dengan aktivitas gowes yang rutin dilakukan,” ujarnya.

Lanjut Eddy, Bank Mandiri juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Gubernur Olly Dondokambey dan seluruh jajaran Pemprov Sulawesi Utara, para penggiat olahraga sepeda yang tergabung dalam komunitas-komunitas sepeda baik yang ada di Sulawesi Utara maupun di seluruh Indonesia.

“Dan tentu saja mainsepeda.com selaku penyelenggara dan seluruh sponsor yang ikut mendukung penyelenggaraan even sepeda terbesar di luar pulau jawa ini,” ujar Eddy Efrata Sinulingga.

Mainsepeda bersama cyclist dari Manado Cycling Mania (MCM) telah siap menyambut para pesepeda dari penjuru nusantara yang sudah mendaftar Mandiri Sulut KOM Challenge 2022. MCM telah menyiapkan rute “batrap” (gowes) yang tak terlupakan untuk para peserta.

Ketua ISSI Kota Manado sekaligus perwakilan dari MCM Royke Hendra Kalangi mengatakan gambaran rutenya ada dua hari. Di hari pertama, Sabtu (23 Juli 2022), peserta akan diajak menikmati rute santai, sepanjang 126 kilometer. Start dan finis akan dilakukan di kantor Gubernur Sulut di Jalan 17 Agustus nomor 69, Kota Manado.

Setelah start dari kantor Gubernur Sulut pada pukul 06.00 WITA, peserta menuju pit stop pertama di Papinus Sawangan di Minahasa Utara. Jaraknya sekitar 30 kilometer dari start. Kemudian lanjut gowes lagi sejauh 18 kilometer menuju pit stop kedua di Benteng Moraya.

Setelah beristirahat selama kurang lebih 30 menit, peserta melaju sejauh 22,6 kilometer menuju pit stop ketiga sekaligus brunch di Danau Linow. Dari sana, para peserta akan turun lagi sejauh 55 kilometer menuju garis finis di kantor Gubernur Sulut.

Hari kedua, Minggu (24 Juli 2022), panitia telah menyajikan menu tanjakan. Sekaligus KOM Challenge bagi yang ingin berkompetisi. Peserta kembali start dari Kantor Gubernur Sulut pukul 06.30 WITA dan finis di Tetetana Hill sejauh 31,1 kilometer. Start KOM akan dimulai di 8,3 kilometer dari start.

Finishnya adalah satu lokasi terindah bersepeda di seluruh Indonesia, Tetetana Hill! Di sini peserta bisa melihat pemandangan luar biasa. Bisa melihat ke berbagai sisi. Ada laut dan Manado Tua, Kota Manado, Gunung Klabat, bahkan bisa melihat sampai Bitung. Berdasarkan hasil cek rute terakhir, cut off time-nya pukul 09.30 WITA.

Selain soal suguhan pemandangan luar biasa, para peserta juga bakal mendapatkan jersey premium seperti pada event-event Mainsepeda.com lainnya.

Jersey SUB Premium untuk peseta itu lebih mewah, ringan sekaligus adem ketika dipakai untuk menanjak.

“Seri Premium ini memang sangat nyaman untuk climbing. Sehingga cocok untuk dipakai nanjak maupun long ride di Mandiri Sulut KOM Challenge ini,” kata Direktur Kreatif SUB Jersey Amdani Ocha.

Seperti mayoritas event Mainsepeda.com lainnya, jersey peserta Mandiri Sulut KOM Challenge 2022 terkandung motif khas lokal. Kali ini mengangkat motif Tari Kabasaran. Tari ini sering ditampilkan dalam acara penyambutan tamu, upacara adat, hingga kegiatan sosial lainnya.

Mandiri Sulut KOM Challenge 2022 dipersembahkan oleh Mainsepeda.com dan Bank Mandiri. Didukung oleh Pemprov Sulut, dan Manado Cycling Mania. Azawear.com, Strive, Pemkot Tomohon, Pemkot Manado, Pemkab Minahasa, dan Pemkab Minahasa Utara sebagai official partners.

Serta AA SoS, Wdnsdy Bike, SUB Jersey, Johnny Ray Cycling, Disway.id National Network, ISSI, Manado Post, dan Redo Coffee sebagai supporting partners.(sulutonline)

Telah dibaca: 1308

Budi Rarumangkay

Berita sejenis