Arsip

Hormati Jasa Para Pahlawan, Wagub Kandouw Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kairagi Manado

Manado – Malam apel kehormatan dan renungan suci dalam rangka peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (17/08/2022) pukul 00.00 WITA belangsung khidmat. Wakil Gubernur Sulut Drs Steven O.E Kandouw bertindak selaku Inspektur Upacara.

Nampak Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka Mayor Jenderal TNI Alfred Denny Djoike Tuejeh, Komandan Lanud Sam Ratulangi Manado, Marsma TNI Mohammad Satriyo Utomo, SH, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Manado Laksamana Pertama TNI Nouldy J. Tangka, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulut Irjen Mulyatno, Pj Sekdaprov Sulut Praseno Hadi, para pejabat eselon II Pemprov Sulut dan tamu undangan lainya hadir dalam apel tersebut.

Bertindak sebagai Komandan Upacara, Letkolsus AU Hetly Kawet selaku Kepala Intel Lanudsri Sam Ratulangi Manado. Wagub Kandouw pada kesempatan itu membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci.

“Kami yang hadir hari ini, Rabu 17 Agustus 2022. Pukul 00.05 WITA.

pada upacara untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan, TNI Polri 529 orang, Pegawai Sipil 32 orang, Legium Veteran 27 orang, Pahlawan tak Dikenal 32 orang menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa,”ucapnya.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula. Jalan kebaikan kebaikan yang saudara-saudara tempuh adalah jalan kami juga,” lanjut Kandouw.

“Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa, serta mendapatkan tempat yang sewajarnya,”ucap Wagub mengakhiri pembacaan naskah.

Wagub Kandouw kemudian memimpin hening cipta, sebagai penghormatan kepada arwah para pahlawan yang dilanjutkan dengan doa dan pemasangan obor di masing-masing pusara para Pahlawan.

“Sebagai bentuk penghormatan kami terhadap para pejuang bangsa yang telah gugur mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, Malam ini saya bersama Forkopimda Provinsi Sulut melakukan Apel Kehormatan dan renungan di Taman Makam Pahlawan Kairagi Manado. Bangsa yang besar, adalah Bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya,”tandasnya.(sulutonline)

Telah dibaca: 9

Budi Rarumangkay

Berita sejenis