Bukti Sinergitas Pemprov-Pemkab, Porprov Bolmong Terspektakuler, OD-SK Satukan Kawanua di Totabuan

Manado – Terheboh, terbesar dan terspektakuler adalah sejarah pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Utara (Sulut) ke XI yang digelar di Kabupaten Bolmong.

Event dua tahunan ini pun dibuka Gubernur Olly Dondokambey SE didampingi Wakil Gubernur yang juga Ketua KONi Sulut Drs Steven Kandouw (OD-SK) bersama Ketua TP PKK Sulut Ny Rita Maya Tamuntuan, di Lapangan Kantor Bupati Bolmong di Lolak, Senin (14/11/2022).

Bukti Sinergitas pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten/kota terlihat jelas di Porprov Sulut ini.

Praktis seluruh ketua KONI kabupaten kota mensupporr kontingen masing-masing untuk untuk tampil elegan di Bumi Totabuan.

Event ini adalah kegiatan terbesar yang pernah digelar di Bumi Totabuan dengan melibatkan 6 ribu-an atlet dan pelatih dari 15 kabupaten kota se-Sulut.

Pada kesempatan ini Ketua Panitia yang juga Pj Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MSI mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kehadiran Gubernur Olly Dondokambey SE yang didampingi istri tercinta Ir Rita Maya Tamuntuan serta Wakil Gubernur yang juga Ketua KONI Sulut Drs Steven Kandouw.

“Terima kasih atas perhatian, khususnya pak gubernur dan ibu, serta pak wakil gubernur yang Ketua KONI Sulut, hingga pekan olahraga ini dapat terlaksana dengan baik,” ungkap Bupati Limi Mokodompit yang pada kesempatan ini didampingi istri tercinta Iriyanti Suleha Uswanas, S.Sos.

Dalam sambutannya Gubenur Olly Dondokambey selain mengajak seluruh stakeholder untuk mensukseskan kegiatan tersebut. Guna menjadikan ajang ini, sebagai pengembangan potensi para atlet lokal (Sulut). Selain menguji bakat dan prestasi, Porprov kali ini juga menjadi ajang silaturahmi kebersamaan dalam membangun sinergitas, yang juga mendorong sumber peningkatan perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid19.

“Ini hal positif sekali karena semenjak tertunda dua tahun yang lalu akibat serangan Covid19 akhirnya kita bisa melaksanakan tahun ini. Namun, kita semua harus tetap menjaga kesehatan dan harus responsif pasca pandemi terutama dalam menggelar kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan banyak orang,” ungkap Gubernur saat membuka kegiatan Open Ceremony Porprov Sulut ke-XI di Lapangan Kantor Bupati Bolmong pada Senin (14/11/2022) tadi malam.

Selain itu menurut gubernur bahwa pemerintah mensupport demi kemajuan dan keberlangsungan olahraga di daerah Sulawesi Utara dalam berbagai hal.

“Dibanding harus bon (hutang) atlet dan medali dari luar, kita support lebih baik bina atlet lokal (Sulut). Kita akan mempersiapkan semua ini termasuk sarana prasarana olahraga juga termasuk kolam renang yang memenuhi syarat hingga prasarana lainnya termasuk Basket,” ungkap Olly.

Di sisi lain soal keuntungan manfaat dari kegiatan-kegiatan seperti Porprov ini juga menurut gubernur sangat bermanfaat karena dari laporan data yang ada, sekitar 6000-an orang yang datang dan tinggal dalam rangka kegiatan ini.

“Dari segi penghidupan ekonomi juga dapat dirasakan ada timbal balik karena dari makan minum itu juga mendorong perekonomian di daerah,” terangnya seraya mengucapkan terima kasih bagi seluruh elemen masyarakat dan panitia yang ikut terlibat dalam mensukseskan kegiatan Porprov kali ini serta berpesan kepada para atlet tetap menjaga kesehatan sportivitas dalam bertanding.

Sementara itu melalui Ketua Umum KONI Sulut, Steven Kandouw mengungkapkan bahwa pada pelaksanaan PON ke-XX tahun 2021 di Papua, Sulut masuk urutan ke 21 dari 34 provinsi se-Indonesia. Hal itu merupakan satu kebanggan bagi capaian atlet Sulut yang tentunya kedepan harus lebih baik lagi.

“Oleh karena itu menghadapi PON ke 21 tahun 2024 berikut yang dilaksanakan di Provinsi Sumatera Utara dan Aceh, jadi tugas kita adalah lebih meningkatkan kualitas dan semangat agar tampil lebih baik di PON nanti,” terang Kandouw.

Adapun dengan dibukanya kegiatan Porprov tersebut oleh gubernur, menurutnya menjadi momentum yang seiring dengan rodmap pemerintah yang pada kedepannya nanti ditahun 2024 untuk kembali menggelar Porprov ke-XII.

“Porprov kali ini sangat optimal dalam persiapan hingga pelaksanan pembukaan kami yakin akan dukungan yang mengalir ke Porprov akan sukses. Terima kasih atas dukungan dari para kepala daerah/Bupati Walikota atas support dalam pelaksanaan kegiatan olahraga. Mudah-mudahan Porprov kali menghasilkan atlit-atlit yang lebih baik berprestasi untuk kembali menghadapi Porprov ke-XII nanti,” tandas Steven Kandouw yang juga Ketua Umum KONI Sulut itu.

Sementara itu, Ketua KONI umum Pusat Mayjen TNI (Purn.) Suwarno mengatakan, pada tahun ini secara bersama teradapat 4 provinsi yang melaksanakan Porprov seperti Jawa Barat dengan 13.000 peserta, Provinsi NTT 6000 peserta, Riau 6000 peserta dan termasuk di Provinsi Sulut kurang lebih 6000 peserta dengan melombakan 32 cabor.

“Provinsi Sulut tak kalah luar biasanya lagi antosias dari kabupaten kota dan dukungan pemerintah sangat baik. Untuk agenda tahun depan 2023 kalau bisa induk olahraga kiranya boleh laksanakan kualifikasi sehingga boleh untuk menghadapi mengikuti PON 2024 nantinya,” kata Suwarno.

Sementara itu Ketua Umum KONI Bolmong, Limi Mokodompit dalam laporannya bahwa pelaksanaan Porprov sesuai dengan Undang-Undang (UU) No 11/2022 olahraga, PP No16/2007, PP No 18/2027, PP No 07/2020 keputusan Gubernur 143 2022 penunjukan tuan rumah pelaksanaan serta sudah melalui hasil musyawarah olahraga Provinsi Sulut 2022.

“Bertujuan sabagai ajang rekuitmen atlet, menggairahkan olahraga untuk lebih baik, meningkatkan kesatuan kebersamaan antar kabuoaten kota, meningkatkan prestasi baik nasional atau internasional, dengan sasaran sukses penyelengraaan, prestasi dan pemberdayaan masyarakat,” terang Limi sembari megucapkan terima kasih atas dukungan support dari semua pihak akan terselenggaranya kegiatan Porprov kali ini di Bolmong.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Sulut Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan, Ketua KONI Bolmong Limi Mokodompit beserta jajaran Forkopimda Sulut dan para Bupati Walikota serta para atlet, wasit dan pelatih bersama masyarakat Bolmong Raya.(sulutonline)

Telah dibaca: 668

Budi Rarumangkay

Berita sejenis