Canangkan Gerakan GMIM Bertanam dan Beternak, Olly Ungkap Sulut sudah Masuk dalam Kedaulatan Pangan

Manado – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mencanangkan Gerakan Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) menanam dan beternak yang diselenggarakan di lahan samping Kampus Pasca Sarjana Universitas Kristen (UKIT) Kota Tomohon, Rabu (02/11/22).

Dalam sambutannya, Gubernur Olly memaparkan kondisi Sulawesi Utara dimana beras Vietnam dan Thailand naik 30% dan terjadi kelangkaan pupuk.

Meski demikian, pertumbuhan ekonomi Sulut masih terkendali dengan 5,39% dan inflasi di bawah 4% karena Sulut sudah berdaulat pangan.

“Namun Pemda akan menyediakan pupuk dan berupaya memberikan asuransi kepada para petani,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Gubernur Olly menyampaikan, jika terjadi kelebihan produksi maka akan dilakukan pasar terbuka.

“Karena sekarang kesempatan sudah ada, ekspor ke Jepang juga sudah dibuka kembali,” ucap Gubernur.

Dalam kesempatan itu juga, Gubernur Olly mengungkapkan bahwa, bulan November ini adalah bulan minim pestisida. Oleh karena itu, mulai besok akan dilakukan pelatihan pupuk kompos untuk mengurangi penggunaaan pestisida dan MPK. Pemerintah juga akan menyiapkan anggaran untuk pupuk kompos.

Selain itu, Gubernur Ollyjuga mengingatkan untuk bersiap dalam menghadapi tantangan ekonomi dunia.

”Kita dalam menghadapi tantangan-tantangan ekonomi dunia harus bersiap-siap supaya Sulawesi Utara tetap kuat,” ujarnya.

“Sulut sudah masuk kedaulatan pangan, artinya semua sudah mulai menanam dan mandiri. Dengan adanya kerjasama antara GMIM dan Pemerintah sehingga bisa menyalurkan program-program pemerintah,” tukasnya.

Turut hadir Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM, Pengurus Syari’at, Tokoh-Tokoh Wilayah, Walikota/Wakil Walikota dan para Bupati/Wakil Bupati.(sulutonline)

Telah dibaca: 458

Budi Rarumangkay

Berita sejenis