Arsip

Dinas PMDD Sulut Perkuat Data Profil Desa

Manado-Ketersediaan data profil desa sangat penting sebagai dasar penyusunan rencana pembangunan berkelanjutan desa. Demikian pernyataan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Daerah (DPMDD) Prov. Sulut, Dr. Jemmy S. Kumendong, M.Si saat membuka legiatan Bimbingan Teknis Pendayagunaan Data Profil Desa & Kelurahan (Prodeskel) di Tutuyan Kab. Bolaang Mongondow Timur pada Rabu (23/3/2022).

“Bimtek Aplikasi Prodeskel merupakan kegiatan strategis dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kompetensi aparat desa dalam menyusun profil desa/kelurahan. Bimtek ini juga bertujuan untuk membuka wawasan dan membangun kesepahaman dalam menyelenggarakan pembangunan di desa dan kelurahan”, kata Kumemdong didampingi oleh Sekretaris & Kepala Bidang Pemdes Dinas PMD Kab. Boltim serta Kabid Pemdes Dinas PMD Sulut, Marietta Tangkumaat, S.Sos.

Kumendong mengharapkan usaha memenuhi ketersediaan data yang akurat, seperti data dasar desa, potensi desa dan tingkat perkembangan desa, itu bisa diwujudkan.

“Ini juga sebagai rujukan yang valid dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan jangka menengah desa yang merupakan dokumen penting dalam menentukan arah kebijakan pembangunan desa”, jelasnya.

Data ini penting karena dengan data yang akurat, ke depannya akan digunakan untuk penyusunan perencanaan secara berjenjang dan berkelanjutan.

Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh para Sangadi & Operator desa se-Kab. Boltim.

“Dilaksanakan di Kab. Boltim karena capaian progress pengisian data prodeskel di daerah ini masih rendah. Karena itu Pemprov Sulut melalui dimas PMDD menaruh perhatian serius dan turun langsung untuk membantu meningkatkan kapasitas aparat desa dalam upaya meningkatkan capaian ketersediaan data profil desa yang lebih akurat dan bermanfaat”, imbuh Kumendong. ( * tim/ sulutonline)

Telah dibaca: 8

Budi Rarumangkay

Berita sejenis