JR Pimpinan Rapat Persiapan Sosialisasi Rencana Operasi Indonesia’s FULO Net Sink 2030

Manado – Dinas Kehutanan Daerah Provinsi Sulawesi Utara menggelar rapat persiapan Sosialisasi Rencana Operasi Indonesia’s Forest and Other Land Use Net Carbon Sink (FOLU Net Sink) Tahun 2030.

Rapat dipimpin Kadis Kehutanan Daerah Provinsi Sulut Jemmy Ringkuangan (JR), di ruang rapat Dinas Kehutanan, Kamis (02/03/2023).

Usai rapat, Ringkuangan mengatakan, rencana Sosialisasi Rencana Operasi Indonesia’s FOLU Net Sink Tahun 2030 akan dilaksanakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Aula Mapalus Kantor Gubernur tanggal 6 Maret 2023.

“Akan dihadiri Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK Dr Ruanda Agung Sugardiman MSc dan Staf Ahli KLHK Bidang Industri Perdagangan Internasional Novia Widyaningtyas dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey,” ungkapnya.

Menurut Ringkuangan, kegiatan ini sangat penting untuk menyampaikan kebijakan strategi dan rencana untuk implementasi rencana aksi mitigasi yang mengacu pada target penurunan emisi gas rumah kaca sampai pada tahun 2030 dan kepada seluruh masyarakat Indonesia secara langsung maupun melalui stackholder.

“Diharapkan dari kegiatan nasional ini mendapatkan masukan terkait kekhasan daerah. Antara lain kondisi ekosistem, kondisi penutupan lahan, laju deforestasi serta kondisi lainnya yang akan menjadi pertimbangan dalam menyusun rencana FOLU Net Sink 2030 di Provinsi Sulut,” harapnya.

Selain itu, Ringkuangan menegaskan, Presiden Jokowi berharap pemerintah daerah berperan aktif sebagai pemangku kebijakan di daerah untuk mendorong percepatan Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 ditingkat daerah.

“Peserta yang akan hadir bupati/wali kota dan stackhoder terkait,” pungkasnya.(sulutonline)

Telah dibaca: 24

Budi Rarumangkay

Berita sejenis