Arsip

Kakak Edwin Silangen Buka Musda X Gerakan Pramuka Sulut, Ini Pesannya

Manado-Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen selaku Sekretaris Majelis Pertimbangan Daerah Gerakan Pramuka Sulut membuka secara resmi Musyawarah Daerah X Gerakan Pramuka Sulut di Ruang F.J. Tumbelaka Kantor Gubernur, Selasa (8/9/2020).

Musda mengusung tema Bersinergi Membangun Negeri Tangani Covid-19 dan Bela Negara.

Dalam musda nampak hadir Ketua Kwartir Daerah (kwarda) Gerakan Pramuka Sulut yang juga anggota DPR RI Vanda Sarundajang beserta para pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Sulut.

Pada kesempatan itu, Kakak Edwin Silangen menyampaikan bahwa eksistensi dan peranan Gerakan Pramuka Sulawesi Utara dalam kurun waktu terakhir ini terus mengalami perkembangan dan tren positif.

Menurutnya, hal ini dapat dilihat dari berbagai program yang menjadi ranah kerja utama Gerakan Pramuka Sulawesi Utara semakin menyentuh dan dirasakan dampaknya oleh segenap komponen bangsa.

“Kesinambungan eksistensi kerja ini, tak ayal dikarenakan oleh konsistensi kerja Pengurus Kwarda, Kwarcab dan Kwarran bersama segenap komponen dalam Gerakan Pramuka di daerah, serta semakin kuat dan siapnya Gerakan Pramuka Sulawesi Utara dalam menatap peluang di era globalisasi,” kata Silangen.

Terkait penanganan pandemi Covid-19, Kakak Edwin menerangkan bahwa sinergitas dan dukungan dari Gerakan Pramuka Sulut masih sangat dibutuhkan, terlebih lagi mengingat pandemi covid-19 mengharuskan semua pihak saling mendukung dalam penanganannya.

“Saya berharap kita semua akan senantiasa bersinergi dalam kemajuan bangsa dan daerah, serta senantiasa patuh terhadap protokol kesehatan, bahkan menjadi pelopor bagi generasi muda dalam menerapkan physical distancing, dalam hal pengunaan masker, mencuci tangan pakai sabun, dan dalam membudayakan pola hidup sehat,” ungkapnya.

“Mari sama-sama menangani dan tidak bersikap acuh, agar kita cepat pulih dari pandemi covid-19, sehingga kita dapat menjalankan keseharian seperti semula lagi, untuk melanjutkan pembangunan di daerah Sulawesi Utara, demi kesejahteraan bersama,” lanjutnya.

Lebih lanjut Kakak Edwin optimis dengan semakin kokohnya struktur kepengurusan Gerakan Pramuka Sulut mampu membawa perubahan positif terhadap kerja dan karya Gerakan Pramuka Sulut kedepan.

Sebelumnya, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sulut Vanda Sarundajang mengatakan Gerakan Pramuka bukan sekedar sejarah, tapi penentu masa depan.

Menurutnya, menghidupkan kembali Pramuka terutama di lingkungan sekolah merupakan salah satu upaya penting untuk menyemai bibit-bibit kepemimpinan dalam diri pemuda sedini dan sebaik mungkin.

Lanjut Kakak Vanda, Gerakan Pramuka harus diarahkan pada pemantapan gerakan untuk memperkuat karakter bangsa.

“Karakter dan watak bangsa yang unggul akan mampu mempertahankan nilai-nilai bangsa. Pemantapan tersebut dilakukan pada 4 Pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kakak Vanda menerangkan bahwa Kwarda Sulut berupaya memfasilitasi kegiatan-kegiatan baik bagi peserta didik maupun kegiatan orang dewasa dan mengambil peranan penting dalam mendorong partisipasi aktif gerakan pramuka dalam masyarakat.

“Kwarda Pramuka Sulut berupaya mengkoordinasikan perumusan kebijakan yang bersinergi dengan arah pendidikan Nasional,” imbuhnya. (tim/sulutonline)

Telah dibaca: 2
Budi Rarumangkay

Budi Rarumangkay

Berita sejenis