Arsip

Kapolda Sulut: Wujudkan Rasa Aman dan Bebas dari Penyebaran Covid-19 dalam Perayaan Idul Fitri 1443 H

Manado – Mewujudkan situasi aman dan nyaman serta bebas dari penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H tahun 2022, merupakan tugas yang harus dilakukan secara ekstra oleh pihak kepolisian sebagai aparat negara.

Hal tersebut dikatakan Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno, saat membuka kegiatan Latihan Pra Operasi (Latpraops) Kepolisian Terpusat Ketupat Samrat 2022, Kamis (21/4) pagi, di ruang Tribrata Mapolda Sulut.

“Tantangan tugas kita sekarang ini tidak hanya terfokus kepada gangguan kamtibmas terkait mudik, ibadah, dan perayaan Idul Fitri 1443 H. Namun juga tetap melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan percepatan vaksinasi,” ujarnya.

Untuk menjawab tantangan tugas tersebut, lanjut Irjen Pol Mulyatno, maka dalam pelaksanaan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Samrat 2022 membutuhkan kerjasama yang solid dengan berbagai instansi serta elemen masyarakat.

“Lakukan koordinasi dengan instansi terkait, baik dalam melakukan pengaturan lalu lintas, pengamanan lokasi dan kegiatan, serta pelayanan vaksinasi di Posyan, Pospam, dan Pos Terpadu,” pintanya.

Irjen Pol Mulyatno menerangkan, menjelang perayaan Idul Fitri 1443 H memberikan dampak tersendiri terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat, di antaranya meningkatnya mobilitas masyarakat baik di bidang perdagangan, transportasi, dan pembangunan serta pelayanan jasa.

“Hal tersebut tentunya dapat menjadi peluang bahkan kesempatan bagi para pelaku kriminal untuk melakukan aksi-aksinya seperti penimbunan bahan pokok minyak goreng, penyalahgunaan BBM bersubsidi, meningkatnya angka kecelakaan serta meningkatnya penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, sekali lagi, mari kita bekerja ekstra demi mencegah terjadinya berbagai gangguan,” tegasnya.

Irjen Pol Mulyatno juga mengingatkan, hal lain yang perlu mendapat perhatian adalah situasi iklim saat ini pada musim panca roba, yang juga berpotensi menimbulkan terjadinya bencana alam banjir, tanah longsor, gelombang tinggi, dan lainnya.

Irjen Pol Mulyatno berharap, Latpraops ini dapat memberikan manfaat dalam pelaksanaan tugas Polri untuk mengamankan perayaan Idul Fitri 1443 H.

“Bagi para peserta agar mengikuti Latpraops dengan sebaik-baiknya. Kemudian laksanakan tugas operasi secara profesional, proporsional, menjunjung tinggi HAM, hindari arogansi, serta tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Hadir pada pembukaan Latpraops tersebut yakni Irwasda beserta beberapa Pejabat Utama Polda Sulut, dengan peserta para Kabagops, Kasatlantas, dan Kasatsamapta jajaran.

Diketahui, Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Samrat 2022 akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai 28 April hingga 9 Mei mendatang. (sulutonline)

Telah dibaca: 12

Budi Rarumangkay

Berita sejenis