Kerja Nyata Gubernur Olly dan Wagub Steven di Sektor Kesehatan Tahun 2022

Manado – Sepanjang tahun 2022, tidak hanya infrastruktur sector jalan dan sembatan, dipacu pemerintahan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandow.

Tetapi infrastruktur sector kesehatan juga menjadi program nomor satu ODSK, pemimpin pilihan langsung rakyat Sulawesi Utara. Tahun 2022, Gubernur Olly dan Wagub Steven tidak hanya meresmikan RSUD ODSK, sebagai rumah sakit Daerah terlengkap di daerah Nyiur Melambai, tetapi juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusat Kesehatan Ibu dan Anak RSUD ODSK.

Gubernur Olly menyampaikan, pelayanan dasar pemerintah ialah fungsi kesehatan. Sehingga harus ditingkatkan agar masyarakat bisa merasakan kehadiran pemerintah.

“Pelayanan rumah sakit umum daerah harus terus kita tingkatkan dan kualitas kita jaga. Begitu juga eksistensi rumah sakit.

Presentasi pengembangan sumber daya kesehatan masyarakat memiliki fungsi sentral dalam konteks pembangunan berkelanjutan,”jelas Gubernur Olly.

Orang nomor satu di Sulut itu mengajak seluruh dokter-dokter di Sulawesi Utara untuk bersama-sama kembangkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Sulawesi Utara.

Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti dan penekanan tombol sirine oleh Gubernur Olly disaksikan Ketua DPRD Sulut dr Andi Silangen, Kepala Dinkes Sulut dr Debie Kalalo dan Dirut RSUD ODSK dr Enrico Rawung, Kepala BI Perwakilan Sulut Arbonas Hutabarat, Ketua BPMS GMIM Pdt Hein Arina, Bupati Minsel Franky Wongkar, serta para pejabat Pemprov Sulut.

Pembangunan RSUD ODSK dilakukan secara bertahap selama 2 tahun dengan luas Rp.38.000 2 m2.

“Persyaratan adminsitrasi sudah beres. Kerja sama dengan BPJS tuntas. Hari ini diresmikan. Kita bersyukur peresmian ini bisa berjalan baik. Mari sama-sama kita kembangkan rumah sakit ini. Bukan mau bersaing dengan rumah sakit lain. Tapi kita melengkapi apa yang menjadi tugas tanggung jawab pemerintah di tengah-tengah masyarakat,”ucap Gubernur.

Disisi lain, Gubernur Olly menambahkan RSUD ODSK akan ditingkatkan dengan pembangun klinik ibu dan anak. Unit khusus ini diharapkan terealisasi tahun 2023 dan langsung dimanfaatkan untuk melayani ibu hamil sampai kontrol pertumbuhan anak.

“Ini pelayanan buat generasi mendatang kita. Kedepan tidak ada lagi cerita anak-anak kita lahir stunting di Sulawesi Utara. Ini bukan hanya pusat pelayanan ibu hamil, tapi juga pusat edukasi buat seluruh masyarakat,” ujar gubernur Olly.

Pembangunan gedung Pusat Kesehatan ibu dan anak RSUD ODSK, resmi dimulai dengan ditangai, Wagub Steven Kandouw didampingi Pj Sekprov Sulut Praseno Hadi lakukan peletakan batu pertama.

Lokasi proyek berada di bekas RSJ Ratumbuysang yang sudah dirobohkan.

Pemprov Sulut menggelontorkan Dana Rp 23 Miliar untuk peningkatan Fasilitas di RSUD ODSK, Kota Manado.Fasilitas itu dibangun 4 lantai di lokasi bekas berdirinya eks RSJ Ratumbuysang.

Wagub menegaskan pembangunan fasilitas ini merupakan ikhtiar Gubernur Olly Dondokambey menyiapkan sistem kesehatan mumpuni dan holistik lengkap bagi masyarakat di Sulut.

“Semangatnya berangkat dari upaya pak Gubernur supaya betul – betul kebutuhan dasar masyarakat kita terpenuhi baik di bidang kesehatan,” ujar Mantan Ketua DPRD Sulut ini.

Selain itu kata Wagub Steven Kandouw bonusnya supaya Sulut jadi kiblat baru pencarian pelayanan kesehatan di Indonesia, terutama di Indonesia bagian timur.

“Tetap mengupgrade aspek regulasi. Tidak gampang soal infrastruktur kesehatan, parameter harus dipenuhi. Di satu sisi bangun fisik tapi regulasi banyak,” pungkas Wagub.(Advetorial Diskominfo Sulut)

Telah dibaca: 10

Budi Rarumangkay

Berita sejenis