Arsip

Lepas Baksos JIPS, Wagub Kandouw: Berbagi di Tengah Keterbatasan Patut Diteladani

Manado – Sudah menjadi agenda rutin para wartawan yang meliput di lingkup Pemerintah Provinsi Sulut dalam memasuki bulan Ramadan.

Para jurnalis yang tergabung dalam sebuah wadah bernama Jurnalis Independent Pemprov Sulut (JIPS), kembali menggelar bakti sosial (baksos) di bulan Ramadan 1443 Hijriah ini.

Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw sendiri mengapresiasi baksos yang dilaksanakan oleh JIPS.

“Pemerintah memberikan penghargaan yang tinggi, karena di tengah keterbatasan, mereka boleh membagikan berkat kepada sesama,” ungkap Wagub saat melepas Baksos JIPS Ramadan 1443 H, Rabu 20 April 2022 pagi, di lobi utama kantor gubernur.

Dikatakan Wagub, hal-hal baik seperti inilah yang merawat kerukunan di Sulut tetap terjaga. “Mudah-mudahan ini menjadi contoh yang perlu ditiru oleh siapa saja, masyarakat di Sulawesi Utara untuk saling berbagi terhadap sesama Terima kasih untuk JIPS,” kata Wagub lagi.

Menurut Ketua Panitia Bansos Ramadan JIPS, Jemsy Tuju, dan Sekretaris Panitia Zulkifly Pinontoan, baksos ini kembali dilaksanakan dalam memaknai Bulan Ramadan. “Kami, seluruh wartawan yang tergabung dalam JIPS, meneruskan tradisi yang sudah terbentuk bertahun-tahun sejak JIPS dibentuk,” ujar Jemsy.

Sementara Koordinator JIPS, Donny Aray, dari Kompas TV menjelaskan, baksos seperti ini juga dilakukan pada menjelang Natal. “Dan sudah berlangsung seperti ini, dalam kepanitiaan, semua anggota JIPS terlibat. Kalau Ramadan, kepanitiaan diketuai oleh anggota JIPS yang Kristen. Begitu juga sebaliknya, ketika dilaksanakan baksos dalam rangka Natal, maka ketua panitia yang ditunjuk berasal dari teman-teman Muslim,” imbuhnya.

Baksos dilaksanakan dengan membagikan bantuan kepada tiga panti asuhan, baik panti asuhan yang dikelola oleh yayasan agama Muslim, maupun Kristen. “Bantuan berasal dari spontanitas seluruh anggota JIPS, dan ada bantuan-bantuan dari beberapa kepala perangkat daerah yang digalang JIPS,” jelasnya.

Rangkaian acara baksos ini sendiri adalah penyerahan bantuan ke tiga panti asuhan, dilanjutkan pembagian takjil di Pasar 45 Manado, dan dilanjutkan buka puasa bersama. (sulutonline)

Telah dibaca: 192

Budi Rarumangkay

Berita sejenis