Arsip

ODSK Eksis Selama 6 Tahun Pimpin Sulut

Manado-Istilah duet menjadi duel. Sempat menjadi jargon sejumlah media dalam menggambarkan fenomena pertikaian yang kerap terjadi antara sesama kepala daerah incumbent jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Tercatat selama era Pemilihan Langsung (Pilsung) di Propinsi Sulut, tak satupun pasangan kepada daerah yang kembali berjodoh di periode ke 2.

Sedangkan untuk 15 kabupaten kota sebagian besar berpisah, bahkan ada yang sampai bermusuhan dengan saling menjegal.

Seperti di Pilkada 2020 lalu ada beberapa kepala daerah justru bersaing dengan mantan duetnya, dengan maju bersama pasangan yang lain.

Tapi ‘tradisi’ ini rupanya tak berlaku pada pasangan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (OD-SK).

Pada Sabtu (12/02/2022) hari ini adalah genap 6 tahun atau 1 periode (5 tahun), plus 1 tahun, pasangan sehati ini memimpin Bumi Nyiur Melambai.

Suksesi pertama di Pilgub 9 Desember 2015 OD-SK leading 52 persen atas dua kompetitornya Benny Mamoto-David Bobihoe serta Maya Rumantir-Glany Kairupan, hingga dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada 12 Februari 2016.

Sedang pada 9 Desember 2020, duet usungan PDI-Perjuangan itu kembali berjaya di Pilgub 2020.
Kemenangan 58 persen suara yang memastikan pole-position unggul atas Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar serta Vonny Panambunan-Hendry Runtuwene itu, kembali mengantar Olly-Steven dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara pada 15 Februari 2021.

Praktis sudah memimpin selama 1 periode 1 tahun ini, OD-SK tetap solid bergerak memimpin Sulut.

Kepemimpinan keduanya seperti kakak-adik, selalu sejuk, saling mendukung, kompak, saling mengisi, saling menunjang dan saling melengkapi, bahkan berbagi dalam menjalankan tugas.

Tak pernah ada sas-sus atau isu perpecahan, bersaing, saling iri, overlap hingga saling menjatuhkan, apalagi saling cungkel.

Pun di DPD PDI-Perjuangan Sulut, Olly Dondokambey selaku Ketua, serta Steven Kandouw bertugas sebagai Wakil Ketua juga tetap saling mendukung dalam menjalankan tugas partai.

“Memasuki dua periode OD-SK memimpin, keduanya terus kompak dan solid dalam menjalankan tugas sebagai kepala daerah. Dengan kebersamaan yang terus terjaga imbas positifnya adalah kita sebagai masyarakat, keduanya terus fokus membangun serta memajukan Sulut di segala bidang,” jelas Ir Imran Djafar pengamat Sosial di Kota Manado.

“Faktanya banyak contoh di daerah kita, akibat kepala.daerah yang saling bertikai akan berdampak langsung pada masyarakat, seperti dalam kebijakan-kebijakan strategis di pemerintahan atau pada warga dengan penekanan like and dislike,” tambahnya lagi.

Lanjut jebolan Teknik Sipil Universitas Sam Ratulangi Manado ini, imbas dari fokus menjalankan tugas, membuat OD-SK mampu meraih berbagai keberhasilan.
Dalam pembangunan infra struktur menuntaskan dan melakukan berbagai proyek prestisius, seperti Jalan Tol Manado-Bitung, Ring Road 2-3, Boulevard 2 di Kota Manado, Bendungan Kuwil, KEK Bitung, Jalan Pariwisata Manado-Likupang, KEK Pariwisata Likupang, Menggolkan Jalan Tol Manado-Tomohon Minsel, Kawasan Industri Bolmong (Kimong), Islamic Center di Kota Kotamobagu, IHP Pelabuhan Bitung.

Dalam Statistik Sulut peringkat 2 Laboratorium Kerukunan secara nasional, Indeks Pertumbuhan Ekonomi terus meningkat seperti tahun akhir 2021!tumbuh hingga 4,6 persen lebih tinggi dari nasional hanya 2,3 persen, serta Sulut peringkat 5 dari 34 propinsi di Indonesia terbahagia dengan meraup 74,46 poin, meraih 5 kali berturut-turut WTP dari BPK dalam pemeriksaan pengelolaan keuangan sejak 2016, serta berbagai penghargaan se-Indonesia hingga menjadi tuan rumah iven-iven bergengsi nasional maupun internasional.
Termasuk mampu menangani dan menekan penyebaran Covid 19 di Sulut sejak pertengahan 2020 lalu.

“Ini patut menjadi panutan, contoh dan inspirasi bagi kepala-kepala daerah lain, tak hanya di Sulut atau kabupaten kota di daerah kita, tapi secara nasional hal seperti ini terbilang langka terjadi. Jangankan sudah memasuki 2 periode, ada yang baru dilantik di periode pertama sudah tejadi perselisihan,” tambah Erick Kandou, sosok yang Purna Tugas di Pemprov Sulut.
Lantas apa tanggapan dari OD-SK.

“Terima kasih atas dukungan warga Sulut pada kami dalam menjalankan tugas yang sudah genap 6 tahun atau memasuki 2 periode. Tekad kami adalah bertugas sebaik mungkin untuk membangun Sulut di berbagai bidang agar rakyat semakin sejahtera,” ucap Gubernur Olly, diamini Wagub Steven.(tim/sulutonline)

Telah dibaca: 173

Budi Rarumangkay

Berita sejenis