ODSK Hebat, Pemprov Sulut Sabet Predikat ‘The Best’ Paritrana Award

Manado – Kinerja positif Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan duet Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw yang sering disebut ODSK kembali diakui oleh pemerintah pusat.

Pencapaian kali ini dibuktikan dengan prestasi Pemprov Sulut yang berhasil meraih predikat ‘The Best’ dalam Penganugerahan Paritrana Award Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kategori Pemerintah Provinsi.

Pemprov Sulut diwakili Kadisnakertrans Sulut Erny Tumundo menerima penghargaan yang disimbolkan dengan piala warna kuning emas, yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin di Jakarta, Kamis (27/10/2022).

Selain itu, Pemprov Sulut juga menerima piagam penghargaan sebagai Pemerintah Daerah dengan Coverage Tertinggi Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Paritrana Award kategori khusus Pemerintah Provinsi, yang diberikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy.

Dilanjutkan dengan Piagam Penghargaan diberikan sebagai Pemerintah Provinsi dengan Coverage Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Tertinggi Tahun 2021 yang diberikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Andie Megantara, selaku Ketua Panitia.

Penghargaan ini merupakan bukti ikhtiar Pemprov Sulut dalam skema kerja yang tersinergi dengan Pemerintah Pusat untuk memberikan proteksi bagi para pekerja dalam bentuk Jaminan Sosial bagi para pekerja.

Sabetan predikat “The Best” yang diraih Pemprov Sulut mengungguli provinsi-provinsi lain yaitu Jawa Barat, Papua Barat dan DKI Jakarta yang masing-masing duduk di peringkat 1, 2 dan 3.

Beberapa waktu yang lalu, Gubernur Olly menyampaikan bahwa penghargaan itu bonus.

“Itu bentuk apresiasi atas kerja-kerja kita, toh itu tugas kita sebagai Pemerintah. Ingat, di balik itu ada tanggung jawab yang besar untuk jalur yang tepat dalam memperjuangkan kesejahteraan rakyat,” ungkap Gubernur Olly.

Diketahui, dalam penerapan program jaminan sosial bagi tenaga kerja, Sulut mempunyai kelebihan dibandingkan dengan daerah lain, seperti misalnya: program PERKASA (Perlindungan bagi Pekerja Sosial Keagamaan) sejak tahun 2018, yang memberikan jaminan sosial bagi pekerja sosial/keagamaan dari kematian serta kecelakaan kerja; dan program PESONA (Perlindungan bagi Petani dan Buruh Petani).

Ketika penghargaan diberikan memang baru Sulut yang menerapkannya, sementara di tempat lain yang hanya untuk karyawan, untuk itulah Sulut boleh meraih Predikat “The Best”.

Olehnya Pemerintah Pusat menilai kinerja Pemprov Sulut menjadi role model bagaimana pemerintah daerah memproteksi rakyatnya dengan jaminan perlindungan dalam beraktivitas sehari-hari.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, serta pejabat terkait lainnya di lingkup Pemprov Sulut.(sulutonline)

Telah dibaca: 1342

Budi Rarumangkay

Berita sejenis