Arsip

Pariwisata Bangkit ! Wakili Gubernur Olly, Kadis Henry Kaitjili Buka Festival Bunaken


Manado-Iven nasional Festival Bunaken 2021 dibuka Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE yang diwakili Kadis Pariwisata Daerah Provinsi Sulut Henry Kaitjili bertempat di Pantai Pangalisang Bunaken, Manado, Sabtu (27/11/2021).

Gubernur Olly melalui Kadispar Henry Kaitjili mengajak para pelaku usaha wisata maupun pemerintah daerah untuk memanfaatkan momen Festival Bunaken 2021 untuk memberi ruang gerak bagi masyarakat lokal untuk memasarkan produk kreativitas lokal agar iven Festival Bunaken benar-benar memberi dampak ekonomi bagi masyarakat lokal.

“Jadi sasaran dari iven pariwisata yakni untuk masyarakat lokal, khususnya masyarakat pulau Bunaken,” kata Henry Kaitjili.

Oleh karena itu, kolaborasi antara pemerintah dan pelaku usaha dunia pariwisata dinilai sangat penting bagi masyarakat lokal.

Sementara itu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Rizki Handayani Mustafa memotivasi Pemprov Sulut agar terus bersemangat untuk menyelenggarakan kegiatan dalam rangka pemulihan ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif di Sulawesi Utara dalam bentuk penyelenggaraan Festival Bunaken 2021.

Menurut Handayani kegiatan ini dilaksanakan untuk mengangkat kekayaan dan keunikan bahari di Sulawesi Utara yang kita tahu bahwa Sulawesi Utara, yang sudah mendunia.

“Hal ini juga untuk terus menunjukkan dan mempromosikan destinasi Sulawesi Utara kepada para calon wisatawan dari luar negeri maupun wisatawan dalam negeri,” katanya.

Ia pun memaparkan empat unsur yang patut diketahui dan diimplementasikan, yakni ; unsur edukasi dengan melihat pengelolaan lingkungan dan budaya lokal.

Selain itu ada unsur Entertainment sehingga cepat itu memberikan hiburan atau kesenangan kepada para peserta yang datang maupun penonton.

Unsur ketiga adalah memberdayakan masyarakat lokal dan juga bagaimana memberikan kesempatan kepada mereka untuk terlibat aktif.

Unsur keempat, dampak bagi pengunjung dan masyarakat lokal dalam pertumbuhan ekonomi sosial dan budaya dari masyarakat itu sendiri

Untuk itu ia mengajak seluruh masyarakat Sulawesi Utara, khususnya para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk turut menyukseskan penyelenggaraan Festival Bunaken yang dilaksanakan pada tanggal 27- 28 November 2021 di pulau Bunaken tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Pada kesempatan ini dilaunching QRIS, satu untuk seluruh pembayaran oleh BRI disaksikan perwakilan BI, ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia) bagi para pemilik home stay di Pulau Bunaken.

Dilanjutkan dengan pelepasan Tukik ke laut.

Kegiatan pembukaan Festival Bunaken 2021 dihadiri Kemenparekraf RI, Kemenko Marves RI, Dispar Kabupaten/Kota, Korem 131/Santiago, Dispar Sulut, pelaku usaha pariwisata, dan undangan

Kadis Pariwisata Provinsi Sulut Hendri Katjili menambahkan kegiatan ini memberi dampak Positif kepada masyarakat, sebab dengan kegiatan ini geliat ekonomi di Sulut khususnya warga di Pulau Bunaken seakan kembali bergairah.

“Multi Player Effectnya nampak, dari tukang perahu, pedagang asongan, bahkan Home Stay di Bunaken ini Full”. Ujar Katjili. (tim/sulutonline)

Telah dibaca: 222

Budi Rarumangkay

Berita sejenis