Arsip

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PENGUSAHA SULAWESI UTARA MELALUI PELUNCURAN WINSTORE DAN WINSKITCHEN 

Manado – Selama semester pertama tahun 2022 ini, perlahan namun pasti perekonomian kita mulai bangkit kembali. Aktivitas ekonomi telah bergerak semakin pasti seiring dengan pembatasan sosial yang mulai dibuka kembali. Fenomena serupa juga terjadi di wilayah Sulawesi Utara, Di masa recovery semacam ini, peran para perempuan pengusaha (womenpreneur) tidak bisa dianggap remeh.

Di tengah goncangan ekonomi selama pandemi, para womenpreneur terbukti bisa memiliki optimisme, ketahanan, serta kelincahan dalam menghadapi krisis.

Mereka secara aktif telah mencoba untuk melakukan penyesuaian model bisnis, melakukan penawaran layanan baru, memodifikasi produk, serta upaya-upaya kreatif lain dałam upaya untuk bertahan. Upaya-upaya tersebut tentunya memberikan kontribusi positif dałam bentuk penyediaan lapangan pekerjaan dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Sulawesi Utara.

Namun demikian, perempuan pengusaha ini juga menghadapi tantangan yang tidak mudah selama pandemi. Skala bisnis dan sumberdaya yang masih terbatas menjadikan tidak sedikit perempuan pengusaha harus menghentikan bisnisnya di tengah jalan. Hal seperti ini tentu sama sekali tidak kita harapkan.

Untuk itu perlu ada dukungan dari berbagai pihak untuk memfasilitasi sekaligus meningkatkan kompetensi para perempuan pengusaha di Sulawesi Utara agar bisa bangkit kembali pasca pandemi.

Selaras dengan tujuan tersebut, diluncurkanlah WINSTORE dan WINSKITCHEN yang akan bekerja sama dengan WINSMATE ICSB Sulawesi Utara pada tanggal 27 Juni 2022 di Rumah Alam, Manado.

Peresmian keduanya dilakukan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, bersama Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dan Walikota Manado, Andrei Angouw.

WINSTORE UMKM Center merupakan toko yang akan menjual produk-produk hasil karya para perempuan pengusaha di Sulawesi Utara.

Perempuan pengusaha yang terlibat di dałam program ini juga akan mendapatkan pendampingan melalui WIN Academy untuk mengoptimalkan bisnisnya.

WINSTORE direalisasikan melalui dukungan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN), Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Utara dan Rumah Alam.

Fasilitas ini dibangun dengan memanfaatkan faba (limbah batubara) dari PT. PLN (PERSERO).

WINSKITCHEN adalah dapur untuk pembelajaran memasak yang bisa dimanfaatkan oleh perempuan pengusaha di bidang kuliner, yang akan bekerja sama dengan penyedia peralatan memasak dan tenaga ahli melalui program yang komprehensif.

Program ini merupakan kolaborasi antara Modena, PT. PLN (PERSERO), dan Rumah Alam.(sulutonline)

Telah dibaca: 9

Budi Rarumangkay

Berita sejenis